Sidiq Nulhaq Terpilih Jadi Ketua F-TBM Lebak Masa Bakti 2022-2027

0
76 views

BANTENKINI.COM, LEBAK – Sidiq Nulhaq menakhodai Pengurus Daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat (PD F-TBM) Kabupaten Lebak untuk masa bakti 2022-2027. Hal tersebut dimufakati secara bersama-sama dan menjadi keputusan dalam Musyawarah Pembentukan Pengurus Daerah F-TBM Lebak yang dihadiri para pegat literasi perwakilan TBM-TBM yang ada di Lebak, bertempat di TBM Kedai Proses, Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Lebak-Banten, Jumat (11/2/2022).

Sebagaimana disampaikan Ketua Panitia Pembentukan Pengurus Daerah F-TBM Lebak DC Aryadi, eksistensi F-TBM Lebak sudah lama tidak terdengar gebyarnya. Hal ini membuat dirinya mengaku semangat menyediakan tempatnya, yakni TBM Kedai Proses sebagai lokasi pertemuan.

“Pengurus Daerah F-TBM Kabupaten Lebak sebenarnya sudah lama mati suri, saya sangat bahagia sekali atas terilihnya Kang Sidiq sebagai Ketua F-TBM Lebak untuk masa bakti 2022-2027,” katanya.

Meskipun kiprah F-TBM Lebak tidak terdengar gaungnya, bukan berarti gerakan literasi di Kabupaten Lebak tidak ada sama sekali. Justru malah terdapat kantong-kantong gerakan literasi di hampir setiap kecamatan, sebut saja diantaranya Muncang, Cilograng, Sobang, Cibeber, Gunungkencana, dan tentunya di Rangkasbitung. Belum lagi kegiatan Kemah Literasi se-Banten yang diadakan dua tahun berturut-turut di Bayah dan Sobang sebelum adanya pandemi Covid-19.

Sidiq Nulhaq yang sebelumnya menjadi Ketua Gerakan Muda (Garda) Cendikia di Cilograng, telah berhasil membangun TBM di empat desa. Dengan terpilihnya sebagai Ketua F-TBM Lebak, diharapkan dapat membangun jejaring antar pegiat literasi dan melakukan advokasi antara pengelola TBM atau Perpusdes dengan Pemerintah Daerah sampai ke tingkat Pemerintahan Desa.

“Saya dan kawan-kawan, tentunya setelah susunan kepengurusan selesai dibentuk dan dikukuhkan dalam pelantikan nanti, tidak menunggu lama langsung bergerak. Membangun jaringan antar pegiat literasi di Lebak, menjalin kemitraan dengan instansi dan lembaga, juga melakukan pendampingan literasi kepada para pegiat literasi di desa-desa,” kata Sidiq.

Sebagaimana tercatat dalam daftar hadir, dari 38 TBM yang diundang untuk hadir dalam kegiatan Musyawarah, terdapat 21 perwakilan TBM yang menyempatkan diri hadir mewakili kecamatan: Cilograng, Cibeber, Panggarangan, Banjarsari, Malingping, Gunungkencana, Leuwidamar, Kalanganyar, Rangkasbitung, Curugbitung, Maja, Sobang, Muncang, Sajira, dan Cibadak. Sisanya menyampaikan permohonan maaf tidak bisa hadir karena berbagai kegiatan yang bentrok pada hari dan jam yang sama.

Terpilihnya Sidiq Nulhaq sebagai Ketua F-TBM Lebak tidak lepas dari peran serta sesepuh pegiat literasi yang juga Wartawan Senior, yakni Tono Soemarsono yang mengawal proses pemilihan secara kekeluargaan berdasarkan musyawarah mufakat.

“Pemilihan ini dilakukan tidak secara voting, namun berdasarkan kekeluargaan dengan azas musyawarah mufakat. Dari dua calon ketua yang siap dipilih, yakni Rian Fauzi dan Sidiq Nulhaq. Maka terpilih Sidiq Nulhaq sebagai Ketua Umum dan Rian Fauzi sebagai Sekretaris Umum PD F-TBM Lebak masa bakti 2022-2027,” ujar Wartawan Senior Lebak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here