DR. Syeikh Samih Salim Ijazahkan Al-Al-Fatihah kepada Para Kyai di FSPP Pandeglang

0
47 views

Pewaris Sanad Qiraat Asyara Kubra – Shugra dan 28 Generasi Bersanad Kepada Rasulullah SAW

BANTENKINI.COM, PANDEGLANG – Betul-betul sangat terasa begitu khidmatnya saat tiba DR. Syeikh Samih Salim Abdul Hamid Salim di Pandeglang, seorang Alim dari Mesir ketika memimpin dan membaca ayat-ayat Al-Qur’anul Karim di depan 70 Kyai dan 5 Ibu Nyai yang terhimpun di Aula FSSP Pandeglang dengan penuh rasa ta’dheem dan tawadhu, bahwa ternyata melantunkan Surat Al-Fatihah tidak semudah yang kita bayangkan.

Prosesi Pengijazahan Surat Al-Fatihah dan Tausiyyah yang disampaikan pada acara RAMAH TAMAH 43 (Ramadhan Berkah dan Cintan Qur’an Berjama’ah Tahun 1443) yang diselenggarakan oleh Komite Khusus Cinta Qur’an (CQ), Mathla’ul Anwar (MA) dan Madeenah Indonesia (MI) di bumi Banten ini disambut baik oleh FSPP Kabupaten Pandeglang, MUI Pandeglang dan DMI Pandeglang, sehingga bisa terlaksananya kegiatan Ijazah Surat Al-Fatihh di bulan suci Ramadhan (21-05-2022).

Dalam kesempatan yang sama pihak Komite Utama CINTA QUR’AN Foundation juga memberikan support Buka Puasa Bersama dan Dana Sedekah Ramadhan kepada para Kyai yang dikerjasamakan dengan pihak FSPP Pandeglang.

“ Rasa syukur ini kami sampaikan kepada Allah SWT melalui kepedulian CINTA QUR’AN atas terselenggaranya prosesi Ijazah Surat Al-Faatihah sekaligus bisa menghadirkan Dr. Syeikh Samih Salim “. Tutur Uung Abu Al-Muhiebby, delegasi Komite Khusus-MI yang sekaligus juga sebagai Sekjen FSPP Kabupaten Pandeglang.

Kegiatan mulia yang sangat komprehensif ini, juga karena dorongan bulan suci Ramadhan di pekan ke-3 agar mampu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan upaya terus melanggengkeun bacaan-bacaan Al-Qur’an dimanapun berada.

Praktek yang paling membuat para peserta yang hadir semakin khidmat dan khusu, Syeikh Samih tidak segan-segan membacakan pelafalan Surat Al-Fatihah dengan tartil dan fasih, sontak dapat disimak dengan baik oleh para Kyai, Ustadz dan para Alim lainnya yang hadir dukuk di Majelis Aula FSPP Komplek Perumahan Ciputri Pandeglang. Hingga urutan praktek membaca juga langsung diikuti satu persatu oleh Unsur Dewan Presidium, Unsur Sekjen, Kebendaharaan dan Stafsus serta para Kyai utusan dari FSPP Kecamatan yang berani maju dan inisiatif sendiri.

Kali pertama tes membaca tiada lain adalah Ketua Dewan Presidium, yaitu Kyai Adhe Ibrahim, disusul Kyai Arsyad, Kyai Asror, Kyai Latief dan Kyai Irfan dll.

Tidak ketinggalan hadirnya Syeikh Samih Salim juga didampingi penuh oleh Mudir Ma’had CINTA QUR’AN CENTER Al-Ustads Irfan Abu Naveed, M.Pd, beliau lah yang selama ini banyak mendampingi dan menjadi Penerjemah dalam momentum acara di FSPP Pandeglang, Majid Agung Pandeglang dan di Pesantren Bani Hamim Mengger Pandeglang bersama-sama turut juga menyukseskan acara ini oleh Tim Teknis CINTA QUR’AN.

Tentu tidak cukup dengan hanya sekali pertemuan ini, melainkan harapan yang disampaikan oleh Ketua Presidium FSPP Pandeglang adalah “ Kami berharap ini berlanjut tidak hanya di bulan Ramadhan, karena pada akhirnya setelah kami menerima Ijazah yang bersanad lebih-lebih masih dekat dengan jenjang level ke – 28 dari Rasulullah SAW, pasti di disitu tumpah ruah keberkahan dan syafa’atnya Insya Allah, begitu Kyai Adhe Achmad Ibrahim menegaskan.

Syeikh Samih Salim menegaskan berulang-ulang kepada pada Peserta yang hadir dengan kadang-kadang juga mulai belajar Bahasa Indonesia, bahwa hal yang paling penting adalah dalam pelafalan Ayat-ayat Allah harus terus tersenyum dan relax tidak boleh menunjukan tengah membaca Al-Qur’an tergesa-gesa, ceroboh dan tidak mengindahkan Ilmu Tajwid sehingga Tahsinul Qur’annya betul-betul bisa dipertanggungjawabkan, termasuk bagaimana memprakterkan Makhaarujul Huruf jangan sampai salah pelafalannya. Mohon juga diperhatikan menurutnya “ Dalam memaknai Al-Qur’an sebagai penyembuh bukan yang kita fahami Obat, melainkan Syifa adalah makna yang sangat dalam untuk penyembuhan secara kesuluruhan, yang penting betul-betul juga diresapi dan tersirat dalam Qalbu kita pasrah tawakkal kepada Allah SWT seperti para Nabi dan para Sahabat Rasul ‘. Tukasnya. (mms43).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here