Rumah Makan Khas Betawi Babeh Sadeli – Pinang, Rajanya Pecak Ikan

0
78 views

BantenKini.com, KOTA TANGERANG – Ingin nikmati  makan dengan aneka hidangan khas Betawi tapi tak tahu dimana rumah makan yang menyediakan menu komplit tersebut?

Jawabannya ada di Rumah Makan Babe Sadeli di Jalan Hasyim Ashari Neroktog Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Di sini, tersedia lengkap menu khas Betawi.

“Kalo soal pecak, Rumah Makan Babe Sadeli rajanya. Semua pecak di sini tersedia. Di sini juga ada bandeng genjot, oseng gori, gechok jantung, ayam tengkureb banyak lagi yang laennya,” jelas Haji Sadeli, pemilik rumah makan khas Betawi tersebut, Kamis 24 September 2020.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Babe Haji Sadeli, menu bandeng genjot merupakan hidangan istimewa bagi masyarakat Betawi tempo doeloe. Kala itu, menu ini biasanya disajikan tiga hari menjelang pesta perkawinan.

Sohibul hajat mengundang ke pestanya kepada kerabat dengan hidangan yang dibungkus pakai daun pisang berisi nasi, bandeng genjot, acar kuning kadang dilengkapi kacang serundeng.

“Kalo udah diundang pake bandeng genjot, orang yang diundang otomatis harus hadir bawa rombongan,” tutur Babe Haji Sadeli didampingi isteri Hajjah Titi Narwiyah dan putranya, Wija.

Soal menu ayam tengkureb, Babeh Haji Sadeli menerangkan bahwa hidangan itu tempo dulu istimewa disajikan untuk putera yang usai dikhitan.

“Proses khitan oleh bengkong selesai, anak yang dikhitan langsung disuguhin ayam tengkureb ini. Biasanya juga ayam tengkureb disajikan di depan anak yang habis dikhitan,” papar Babeh Sadeli.

Selain bandeng genjot dan ayam tengkureb, sambung pria asli Betawi ini di Rumah Makan Babe Sadeli juga tersedia beragam menu Betawi lainnya.

“Kalo soal pecak, di sini lengkap. Menu pecak ini kini banyak diminati kaum muda,” tuturnya usai mendampingi Camat Pinang Kaonang makan siang di rumah makan tersebut.

Sementara itu Camat Pinang Kaonang mengungkapkan sajian menu khas Betawi di Rumah Makan Babeh Sadeli terasa istimewa. Rumah Makan Babeh Sadeli menyajikan menu khas Betawi yang tidak banyak ditemui di rumah makan lain.

Dikatakan Camat Pinang, Rumah Makan Babeh Sadeli menjadi pusat sajian menu khas Betawi di wilayah Tangerang. Menunya beragam, olahan makana yang kini terasa langka, di rumah makan ini tersedia.

“Ini menjadi tempat makan istimewa, karena menyajikan aneka menu istimewa. Tempatnya nyaman, luas dan bersih. Makanan sederhana namun rasanya istimewa,” jelas Camat Pinang Kaonang.

Wija, putra Babeh Haji Sadeli menambahkan, di rumah makannya bisa melayani pesanan secara daring (online) melalui Gojek – RM Babeh Sadeli Pinang dan Grab – Rajanya Pecak Ikan Babeh Sadeli.

Bagi pelanggan yang jauh, bisa dilihat aneka menu RM Babeh Sadeli di instagram @RmBabehSadeliNroktog.
Keluarga Yeni dan Sofian asal Sawah Besar Jakarta Pusat yang baru pertama kali nikmatin makan siang di Rumah Makan Babeh Sadeli Neroktog mengungkapkan menu Betawi rumah makan itu nyata nikmatnya.

“Selama ini saya cuma dengar dari orang, menu di sini enak. Ternyata bener enak. Saking enaknya makan ampe dikobok-kobok,” ungkap Yeni yang belum lama pindah rumah ke Cipondoh Kota Tangerang.

• Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here