Kerja Bakti, Guna Merawat dan Menjaga Lingkungan

0
91 views

BANTENKINI.COM, KABUPATEN TANGERANG – Semangat gotong royong membersihkan lingkungan, sampai saat ini masih terjaga. Seperti, kerja bakti yang dilakukan oleh puluhan warga di RW. 08 dan RW. 09 Dusun tiga, Desa Pisangan Jaya, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Minggu (12/6/2022).

Tampak terlihat warga membersihkan mengangkut sampah, membersihkan saluran air, memotong rumput. Selain itu, sampah menjadi faktor utama penyebab tersumbatnya aliran air, sehingga menyebabkan genangan di beberapa titik di Desa Pisangan Jaya.

Budi Wijaya Kepala Dusun Tiga Desa Pisangan Jaya, saat ditemui dikegiatan kerja bakti ini menuturkan, bahwa kerja bakti menjadi kebiasaan rutin warga Desa Pisangan Jaya setiap akhir pekannya. Seperti, yang dilakukan oleh RW. 08 dan RW. 09 pada hari minggu ini.

Lanjutnya, warga tanpa instruksi atau persuasif, memiliki kesadaran yang cukup tinggi terhadap membangun infrastruktur dan menjaga kebersihan lingkungan mereka. Sehingga, setiap kerja bakti digelar tak hanya satu dua orang yang terlibat, melainkan hingga puluhan orang yang sama-sama ikut terjun dalam kerja bakti.

“Selain untuk menjaga kebersihan serta merawat dan menjaga infrastruktur pembangunan desa. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat, khususnya di Desa Pisangan Jaya ini. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB, dengan penuh semangat warga Desa Pisangan Jaya membersihkan lingkungan secara inisiatif warga dan tentunya didukung oleh Kami dari Desa. Setiap minggu bisa beberapa kali dan titiknya bergilir karena di Desa Pisangan Jaya terdiri dari 14 RW,” tegasnya

Sementara ketua RW. 08 Musta mengatakan, dengan kerja bakti ini manfaatnya sangat terasa oleh warga dan Kami selaku pengurus lingkungan sangat mendukung sekali kekompakan warga, meski hanya menyediakan konsumsi seadanya, hal itu jadi penambah semangat warga.

“Semoga kesadaran dan kekompakan warga kami tetap bertahan dan terus meningkat, karena kalau bukan kami yang menjaga lingkungan kami, siapa lagi,” ucapnya. (Hermansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here