Dispora Kota Tangerang Mendapat Penghargaan OPD Paling Inovatif dalam Pengembangan Pemuda dan Olahraga 

0
27 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, meraih penghargaan dari Harian Tangerang Raya dalam acara Tangerang Raya Award 2024, sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Paling Inovatif dalam Pengembangan Pemuda dan Olahraga yang berlangsung di Ruang Al Amanah Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Selasa 6 Februari 2024.

Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang mengatakan, penghargaan ini bukan hanya untuk dirinya semata, tapi untuk seluruh pegawai Dispora Kota Tangerang serta masyarakat Kota Tangerang. Ini adalah bukti bahwa Dispora Kota Tangerang bekerja keras dan sungguh-sungguh bersinergi dengan baik mewujudkan visi.

Capaian ini menjadi pelecut bagi Dispora Kota Tangerang untuk terus berbenah menjadikan Kota Tangerang sebagai sport tourism, sportainment, sport industry dan sport education yang berdampak kepada daya ungkit ekonomi masyarakat.

Di awali dengan torehan prestasi di arena Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten 2022 Kota Tangerang sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan perhelatan olahraga seprovinsi Banten. Torehan gemilang di ajang tersebut yakni selama Provinsi Banten berdiri, Kota Tangerang baru pertama kali sukses merebut gelar juara umum Porprov yakni di gelaran ke enam tahun 2022.

Semenjak itu, perhelatan olahraga tingkat nasional dan internasional di Kota Tangerang seolah tak pernah sepi. Di tahun 2023,

Liga Tenis Meja Indonesia Season 2 diikuti para atlet tenis meja ternama tanah air juga negara China, Jepang, India, Luksemburg, Malaysia dan Singapura.

Perhelatan 2nd Indonesia Open Gymastic 2023 dihadiri Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo bersama Sinta Nuriyah Wahid, Yenny Wahid dan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin serta Sekretaris Dispora Kota Tangerang Eny Nuraeny menyaksikan langsung perlombaan senam yang digelar 4 – 6 Juli 2023 di Tangerang Trade Center (TCC) Cimone, Kota Tangerang.

Ajang Indonesia Drum Corps International (IDCI) menghadirkan 35 tim drum corps dari dalam dan luar negeri, digelar di Stadion Benteng Reborn Kota Tangerang. Kemudian Kejuaraan nasional bola voli usia – 17, 40 dan 45 yang diikuti banyak 84 tim dari seluruh Indonesia.

Di Bidang Pemuda Dispora, perhelatan Festival Al A’zhom yang berkolaborasi dengan Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Tangerang berhasil menjadi magnet wisatawan domestik dari berbagai daerah untuk berkunjung ke Kota Tangerang.

Gelaran kejuaraan olahraga nasional dan internasional serta festival tersebut menjadi daya tarik kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang. Dampaknya, menurut catatan Dinas Budaya Pariwisata Kota Tangerang menjadi salah satu pendongkrak kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang juga menyebutkan festival dan gelaran olahraga tingkat internasional turut mendongkrak investasi.

“Dispora Kota Tangerang terus berkolaborasi mewujudkan visi. Bidang Olahraga dan Bidang Pemuda Dispora bersama stakeholder terus berkolaborasi dan berinovasi untuk menjadikan kegaiatan olahraga dan kepemudaan menjadi maslahat bagi masyarakat Kota Tangerang,” jelas Kepala Dispora Kota Tangerang.

Sedikit menoleh ke belakang, sebelum menjabat Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang adalah Camat Pinang. Ketika bertugas sebagai Camat Pinang, Kaonang berhasil melakukan gebrakan yang belum pernah dilakukan oleh camat lain. Yakni, dibantu para tokoh agama Islam di Kecamatan Pinang, pertengahan tahun 2021 Kaonang menggulirkan program pemberantasan buta aksara Al-Qur’an bagi lansia. Program yang satu-satunya di Indonesia tersebut kini masih terus bergulir di masyarakat Kecamatan Pinang Kota Tangerang.***

 

• A Sanusih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here