TMMD ke 109 Pandeglang Ditutup, Warga Diharapkan Jaga Semangat Gotong Royong

0
8 views

Pandeglang – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 109 tahun 2020 Kodim 0601 Pandeglang resmi ditutup, Rabu 21 Oktober 2020. Penutupan TMMD kali ini dilakukan tidak sebagaimana biasanya dengan upacara di lokasi yang disaksikan oleh masyarakat. Hal itu disebabkan karena adanya virus corona atau Covid-19.

Komandan Korem 064 Maulana Yusuf (MY) Brigjen Gemuruh Winardjadmiko mengaperisiasi Pemerintah Daerah, Personil Kepolisian dan seluruh elemen masyarakat yang ikut membantu menyelesaikan program TMMD ke 109 Kodim 0601 Pandeglang wilayah Kodam III Siliwangi. Kata Gemuruh pada saat proses TMMD di Kecamatan Patia tentu membangkitkan lagi semangat gotong royong masyarakat. Menurut Gemuruh, budaya gotong royong yang sudah hilang kini muncul kembali berkat adanya TMMD.

“Kebersmaan ini merupakan sinergitas yang positif untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat. TNI dan rakyat dalam hal ini tak bisa dipisahkan untuk kepentingan pertahanan negara.”kata Gemuruh.

Masih kata Gemuruh, pihaknya yang mewakili Kodam III Siliwangi juga menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu secara moril dan materil. Sehingga kegiatan TMMD ke 109 di Patia, Pandeglang bisa sukses dilaksanakan. Gemuruh menyebut, meski pengerjaan TMMD masih suasana pandemi, akan tetapi dalam proses pengerjaan jalan 3,4 kilometer di Patia, para personil tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kita pastikan semua prajurit yang terlibat dalam TMMD mereka semua kondisinya sehat dan tetap mematuhi protokoler kesehatan. Pelaksanaan TMMD kali ini dengan mengusung tema TMMD Pengabdian Untuk Negeri.”tegas Gemuruh.

Gemuruh juga berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga semangat bekersmaan dalam kemanunggalan antara TNI dan rakyat. Kata Gemuruh, masyarakat sekarang ini jangan mudah terhasut dan mudah terprovokasi oleh pihak manapun yang bisa merusak persatuan dan kesatuan Bangsa.

“Pelihara hasil program TMMD ke 109 di Patia agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.”terang Gemuruh.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0601 Pandeglang, Letkol Kav Dedi Setiadi mengatakan, selain memperbaiki jalan 3,4 kilometer, pihaknya juga sudah menyelsailan sebanyak delaan (8) titik gorong-gorong dan satu (1) mushola di Patia yang menghubungkan tiga desa.

” Kita semua bersyukur semua program tersebut meski terdapat gangguan cuaca tapi bisa selsai tepat waktu. Suasana suasana Pandemi Covid – 19, kita tetap mematuhu protokol kesehatan dalam pengerjaannya.”ucap Dedi.

Terpisah, Pejabat Sementara (PJS) Bupati Pandegalang, Gunawan Rusminto mengapresiasi atas kinerja TNI dalam menuntaskan TMMD. Bahkan, kata Gunawan, dia berharap agar TMMD bisa kembali digelar pada tahun yang akan datang.

” Pekerjaannya sangat bagus dan ini bukti sinergritas antara TNI dan masyarakat. Mudah-mudahan tahun depan program TMMD bisa kembali dikerjakan lagi di Pandeglang.”harapannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here