Stabilkan Harga, Bulog Lebak – Pandeglang Salurkan 100 Ton Beras Lewat Operasi Pasar

0
33 views

Bantenkini.com Lebak – Saat libur Natal dan Tahun Baru 2023, Bulog Lebak – Pandeglang telah menyalurkan sebanyak 100.000 paket melalui operasi pasar. Kegiatan tersebut digelar di 14 Kecamatan wilayah Lebak dan Pandeglang bertujuan untuk menstabilkan harga di Pasaran.

“Benar kemarin Bulog Lebak – Pandeglang di akhir tahun melakukan operasi pasar di dua kabupaten dan 14 Kecamatan. Ada 100 ton yang kita gelontorkan melalui operasi pasar tujuannya untuk mengendalikan harga agar tak mengalami kelonjakan pada perayaan natal dan pergantian tahun baru 2023,” kata Pimpinan Cabang Bulog Lebak – Pandeglang, Umar Said, Senin (26/12).

Lebih lanjut kata Umar, Bulog Lebak-Pandeglang terus menjalankan fungsi untuk menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras. Kata Umar, epanjang 2022 Perum Bulog Lebak-Pandeglang telah melaksanakan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau dikenal dengan nama Operasi Pasar di dua wilayah Lebak dan Pandeglang.

Kata Umar, pihaknya juga telah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk memastikan program KPSH agar berjalan lancar sepanjang tahun ini dan makin dimasifka. Sehingga tidak ada gejolak harga di tingkat konsumen.

“Guna menjalankan fungsi menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras, sepanjang 2022 Perum Bulog Lebak-Pandrglang telah melaksanakan program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau dikenal dengan nama Operasi Pasar,” ucap Umar.

Dikatakan Umar, dalam melakukan operasi pasar, Bulog juga selalu melibatkan Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag). Kata Umar dalam melakukan peninjauan harga-harga di pasaran umumnya harga relatif normal.

“Ada enam (6) komoditi yang kita operasi pasarkan dengan bentuk paket diantaranya yaitu Beras 1 kilogram, Terigu 1 kilogram, Telor 1 kilogram, Mie Instant 5 pcs, Minyak 1 liter dan Gula 1 kilogram. Dari semua yang kita operasi pasarkan harga di pasaran relatif stabil,” tutur Umar.

“Masyarakat jangan khawatir, Bulog menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat dengan harga terjangkau walau di pasaran ada sedikit kenaikan harga dan kami terus melakukan pemantauan secara terus menerus di tengah situasi saat ini,” tambah Umar.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang, TB Udi Juhdi mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh Bulog Lebak dan Pandeglang dalam menstabilkan harga pangan lewat operasi pasar. Kata Udi, pihaknya sebagai anggota legislatif yang mewakili masyarakat akan terus memantau harga-harga di pasaran terutama jelang libur natal dan tahun baru 2023.

“Kita terus pantau juga di masyarakat terkait harga pangan, kalau dirasa ada kelonjakan atau kenaikan harga yang dirasa tidak wajar, tentu akan kita panggil pihak-pihak terkait agar segera menstabilkan harga-harga di pasaran. Kita dukung Bulog dalam mengendalikan harga,” tutup Udi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here