Resep Sop Daging Sapi dan Tips Memasaknya

0
19 views

BANTENKINI.COM – Sop daging sapi termasuk salah satu menu olahan kuliner yang paling sering dimasak oleh masyarakat Indonesia. Sop ini memiliki rasa yang gurih, segar, dan tentunya daging yang empuk. Anda bisa mencoba resep sop daging sapi yang kali ini akan dibahas.

Selain resep, disini juga akan dibahas lebih lengkap mengenai tips memasak sop daging sapi. Pastikan Anda membacanya hingga selesai. Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Resep Sop Daging Sapi

Sop daging sapi sangat mudah dibuat, ini menjadi menu makanan sehari-hari yang sangat nikmat untuk disantap kapan saja. Di bawah ini merupakan resep sop daging sapi untuk Anda.

Bahan:

300 gram daging sapi, potong dadu 2 cm dan rebus hingga empuk
2 buah kentang, potong dadu 2 cm
2 buah wortel, potong dengan tebal 2 cm
2 batang daun bawang, potong 1 cm
10 gram daun seledri, cincang halus
1 sdt garam dan merica bubuk
Penyedap masakan
4 sdm kecap manis
1 liter air
2 sdm minyak untuk menumis bumbu
2 siung bawang putih
5 siung bawang merah

Cara membuat:

Pertama, siapkan panci di atas kompor terlebih dahulu. Lalu, masukkan daging sapi dan air, rebus dengan api kecil hingga kaldu daging keluar.

Pastikan daging sudah empuk dan lembut terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bahan lainnya.

Sementara itu, panaskan minyak dan tumis bumbu halus (bawang) hingga tekstur melunak dan mengeluarkan aroma sedap.

Masukkan tumisan bumbu halus tadi ke dalam air rebusan daging, aduk dan biarkan sampai mendidih.

Masukkan potongan kentang dan wortel, rebus hingga teksturnya melunak.

Jika sudah, tambahkan kecap manis sesuai selera. Tambahkan irisan daun bawang, seledri cincang, garam, dan merica.

Silakan cicipi terlebih dahulu, tambahkan penyedap rasa jika dirasa kurang.

Masak sampai sop daging sapi matang. Jika sudah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.

Tips Memasak Sop Daging Sapi

Dalam membuat sop daging sapi, ada sejumlah tips yang bisa Anda lakukan. Berikut merupakan tips memasak sop daging sapi.

Potong Daging Melawan Serat

Potonglah daging sapi melawan serat nya, alias memutus serat. Ini adalah teknik lama yang diketahui dapat membuat tekstur daging lebih empuk. Selain itu, pemotongan yang benar tentu akan membuat daging lebih mudah dan cepat empuk ketika dimasak.

Hal ini tentu berguna agar Anda bisa lebih menghemat tenaga dan gas ketika memasak. Bahkan, Anda bisa menghemat waktu dalam memasak sop daging sapi. Jadi, pastikan Anda memotong daging melawan seratnya, ya.

Buang Air Rebusan Pertama

Buang air rebusan daging yang pertama. Ini akan membuat rasa kaldu daging lebih segar, bersih, dan tidak bau amis. Air rebusan pertama umumnya masih mengandung sisa darah dan kotoran daging, sehingga harus dibuang terlebih dahulu.

Jika ingin membuat kaldu sapi, Anda bisa menggunakan air kaldu rebusan kedua. Selain itu, pastikan Anda mengolah daging sapi dengan bersih dan higienis agar daging yang dimasak tidak menimbulkan penyakit.

Tunggu Daging Empuk Sebelum Dimasak

Jika daging tidak direbus sampai empuk terlebih dahulu, maka saat membuat sop, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama agar daging matang dan empuk. Maka dari itu, Anda harus merebus daging mentah terlebih dahulu sampai benar-benar empuk sebelum dilanjutkan ke proses selanjutnya.

Tidak hanya itu saja, jika daging masih mentah dimasak langsung dengan bumbu lainnya. Maka, daging akan lebih lama matang dan empuk, bahkan bumbu-bumbu dan sayuran yang ditambahkan bisa hilang cita rasanya, selain itu juga bisa menghilangkan kandungan vitamin dan mineralnya.

Blansing Wortel Terlebih Dahulu

Sebelum memasak sop, wortel yang digunakan juga alangkah baiknya diblansir terlebih dahulu. Ini adalah teknik melunakkan jaringan pada sayuran agar teksturnya lebih lembut dan mempertahankan warnanya ketika dimasak.

Anda cukup merebus sebentar wortel yang sudah dipotong-potong selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, angkat wortel dan rendam terlebih dahulu ke dalam air es. Tujuannya adalah untuk menghentikan proses pemasakan yang masih terjadi pada wortel yang masih panas dan mempertahankan warna wortel tetap segar.

Setelah diblansir, wortel baru bisa ditambahkan ke dalam masakan sop daging sapi yang sudah dimasak.

Lengkapi Kebutuhan Memasak Sop Daging di Blibli

Dari resep sop daging sapi di atas, kini Anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah. Anda bisa menyiapkan bahan-bahan dan segala keperluan pembuatan sop daging sapi di Blibli.

Di Blibli, terdapat banyak rekomendasi produk di supermarket Blibli. Selain itu, tersedia juga sayuran dan buah-buahan untuk melengkapi kebutuhan harian Anda. Pastikan Anda memilih toko yang terpercaya.

Belanja di Blibli, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti produk yang lengkap, original, transaksi aman, metode pembayaran beragam, promo-promo menarik, dan lain sebagainya.

Berbagai promo menarik seperti gratis ongkir, cashback, dan juga diskon-diskon di momen tertentu. Pastikan Anda membeli segala kebutuhan Anda di Blibli, termasuk bahan-bahan dan daging sapi segar yang bisa Anda dapatkan di Blibli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here