Tiga Lembaga Sosial Tangani Corona Bareng Pemkab Pandeglang

0
8

BANTENKINI.COM, PANDEGLANG–Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyambut baik tiga lembaga sosial, atau para relawan yang siap ikut bergabung dengan pihaknya dalam menangani penyebaran Covid 19.

Ketiga lembaga sosial tersebut adalah Laz Harfa, Rumah Zakat dan ACT.

Acara pertemuan itu berlangsung di Gedung Garuda Pendopo Pandeglang, Kamis (26/3/2020).

“dalam memutus penyebaran Corona atau Covid 19 di Pandeglang, sudah melakukan langkah nyata dari mulai Surat Edaran (SE) penyesuaian kerja ASN, Gugus tugas penanganan Covid 19, hingga kedaruratan. Bahkan penyemprotan disinfektan yang dilakukan gugus tugas, dan himbauan kepada masyarakat larangan berkerumun terus di sosialisasikan,hingga kini lakukan Rakor terkait penanganan Covid 19″ungkap Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Manurutnya bentuk sinergisitas antara pihak Pemkab dengan tiga lembaga sosial ini, tentu akan sangat membantu, dalam menangani masalah Covid 19.

Direktur Utama Laz Harfa Banten Indah Prihanande mengatakan, untuk menangani penyebaran Covid 19 di Pandeglang dirinya sudah membuat program Kampung Siaga Covid 19.
” Yang kita lagi hadapi ini penyakit yang paling dahsyat, sehingga kami siapkan Kampung Siaga Covid. Kegiatannya akan dilaksanakan selama tiga bulan di 22 Kampung 9 Desa, di Kecamatan Cibaliung, Sindangresmi, Cigeulis dan Sombang,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, di Kampung Siaga Covid ini akan ada 7 Kegiatan yang dilaksanakan guna pencegahan penyebaran Covid 19. “Pertama kita buat Satgas Siaga covid 19, kedua Sosialisasi PHBS, ketiga pembersihan fasilitas umum, keempat pengaktipan sistem keamanan warga dengan detektor, kelima membuat istem informasi kesehatan warga, keenam mengaktifkan lumbung Pangan Warga menghadapi Lock Down, dan tujuh aktifkan relawan lingkungan siaga Covid,” tuturnya.

Sementara Dedi Suhaedi dai Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengatakan pihak ACT juga akan melakukan kegiatan dalam penanganan Covid 19. Kata dia, ACT sudah menyuplai makanan untuk tim medis.
“Di Propinsi Banten baru Tanggerang dan Serang saja, kegiatan lainnya penyemprotan disinfektan di Pandeglang baru akan kami lakukan”. tuturnya.

Relawan lainnya, Saibani perwakilan dari Rumah Zakat sudah melakukan hal yang sama dengan relawan lainnya.
” Program yang kita lakukan,adalah pencegahan dengan penyemprotan disinfektan, baik di masjid dan sarana umum lainnya, sosialisasi PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), dan sekarang kami akan mengupayakan APD(alat pelindung diri) bagi para petugas medis”. tuturnya.

Dikatakan Saibani, penyebaran Covid 19 juga berdampak kepada para pelaku ekonomi, untuk itu kata dia, pihak Rumah Zakat punya program bantuan makanan. “Kami punya program bantuan makanan, paket sembako nanti akan diimplentasikan untuk setiap cabang,”pungkasnya.

Acara tersebut juga dihadiri, Asda Pemerintahan, Ramadani, Kadinsos Kabupaten Pandeglang,Nuriyah, Kadis Kesehatan Raden Dewi Setiani, dan Kabag Humas Nandar Suptandar.

(AsepWE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here