Silatnas Pertama Kyai Alumni Daar El Qolam dan La Tansa Digelar di Ponpes Daarussa’dah Cimarga Lebak

0
49 views

BANTENKINI.COM, LEBAK – Silaturahmi Nasional (Silatnas) Kiai Alumni Pondok Pesantren Dasar El Qolam dan La Tansa digelar di Pondok Pesantren Daarussa’adah Lebak Banten dengan dihadiri alumni dan keluarga besar almarhum KH Ahmad Rifa’i Arif, pendiri Daar El Qolam dan La Tansa. Sabtu (2/2022)

Ada beberapa hal mendasar atas terlaksananya SILATNAS pertama yang diselenggarakan khidmat di Pondok Pesantren Daarussa’adah Lebak Banten, secara umum yang paling membuat terkesan dan terasa nuansa kehadiran Pendiri Daar El-Qolam dan La Tansa dihadiri oleh Ibu Hajjah Nenah Hasanah (istri Almarhum K.H. Ahmad Rifa’i Arief) saat beliau menyampaikan sepatah dua patah kata dari layaknya seorang Ibu kepada anak-anaknya, ditambah dengan alunan do’a dan shalawat saat mengalungkan sorban kemuliaan kepada para Kyai yang kini telah menjadi Ibu yang mengayomi ratusan Pesantren Alumni DAL (Daar El-Qolam & La Tansa, red.).

Masih dalam suasana syahdu hasil wawancara singkat putra sulungnya K.H. Adrian Mafaatihullaah Karim, M.A yang kini menjadi Pimpinan Umum Podok Pesantren La Tansa, Parakan Santri Lebak Banten membuat suasana lebih terharu lagi saat bukti-bukti nyata atas kiprah almarhum telah memberikan banyak kebermanfaatan dengan penuh keberkahan dan keikhlasan ilmunya telah melahirkan ratusan Kyai, ratusan Da’i dan para Pegiat Dakwah serta ribuan alumni dengan Profesinya masing-masing.

Dari 82 Kyai Alumni yang tergabung di FKMDAL, turut menghadiri pula undangan khusus kepada FSPP BANTEN, FKPM BANTEN dan Forum Pesantren lainnya menandakan betapa kehadiran Daar El-Qolam dan La Tansa adalah juga salah satu aset Banten yang selalu terbuka dan siap bersinergi bersama-sama dengan kalangan manapun. Disinyalir bahwa pelaksanaan Silaturahmi Nasional di awal tahun 2022 ini di usia 54 tahun Daar El-Qolam dan 29 tahun La Tansa bukan waktu seumur jagung, melainkan dengan penuh kematangan dan keistiqomahan dalam menorehkan mahakarya yang penuh barokah ini.

” Kami atas nama panitia Silatnas, mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Ponpes Daar El-Qolam dan La Tansa, para Pimpinan Ponpes Alumni Daar El Qolam dan La Tansa, seluruh panitia yang terlibat, shohibul bait Ponpes Darussadah dan undangan kehormatan; Dewan Presidium FSPP Banten, Ketua FSPP Lebak dan Ketua FKPM Gontor Provinsi Banten, atas terlaksananya kegiatan silatnas ini, kami mohon maaf atas segala kekurangan dalam penerimaan, pelayanan, dan lain-lainnya. Semoga Allah SWT meridhoi kegiatan ini ” kupas Kyai Aan mewakili Panpel SILATNAS (K.H. Eeng Nurhaeni & K. Aan Subhan Aziz).

Disampaikan juga oleh tuan rumah Abah K.H. Pupu Mahfudin, M.Pd pascapertemuan beliau menyapa kepada semua pihak ” Atas nama Shohibul Bait Silatnas, saya mengucapkan terimakasih kepada kyai Pimpinan Ponpes Alumni Daar El Qolam dan La Tansa atas kehadirannya dan mohon maaf atas kekurangan dalam hal penerimaan, tempat, dan lain-lain. ” Ini semua pertanda kolaborasi yang arif dalam mewujudkan cita-cita kebersamaan terutamanya di kalangan internal Pondok Pesantren.

Di penghujung rangkaian acara SILATNAS 2022 ini, terpilih juga atas hasil musyawarah mufakat bahwa Ketua Umum kini diampu oleh K.H. Mujiburrahman, M.Pd (Pimpinan Ponpes Assa’adah – Serang) dan Sekretaris Umum K.H. Mulhat Ali Nuh, Lc, M.A (Pimpinan Ponpes Fajrul Karim – Serang).

Sekum terpilih mencatat banyak hal dari sekian rencana program yang diinisiasi oleh forum diantaranya adalah, 1) Rencana haul dan do’a bersama untuk Gurunda Alm. K.H. Ahmad Rifa’i Arif akan dilaksanakan Insya Allah pada tanggal 15 Juni 2022 di Pon Pes An-Nuqthoh, Tangerang (Pimpinan K.H. Zuhri Fauzi), diawali kegiatan lomba dan Tasmi’ Al Qur’an 30 juz (bilghoib) oleh Para Alumni Daar El-Qolam dan La Tansa dan para santrinya, 2) Membentuk Korwil untuk setiap Wilayah/Provinsi agar mudah koordinasi dengan Pengurus Harian, 3) Korwil Provinsi Lampung siap jadi Tuan Rumah untuk acara haul dengan ketentuan waktu yang akan ditentukan kemudian, 4) Forum sebagai jembatan, salah satu program nyatanya adalah distribusi para guru pengabdian (teknis menyusul), 5) Mendirikan Pesantren khusus untuk anak para Kiyai, sebagai Penggemblengan dan Persiapan estafet perjuangan ayahnya, 6) Membuat Profil Seluruh Pesantren Alumni, 7) Membuat Blog dan atau Website khusus sebagai media komunikasi, 8) Peningkatan SDM khususnya Bidang Tahfizh Al-Qur’an, 9) Membuat Ikatan Alumni untuk santri lulusan Pesantren Alumni (cucu Daar El Qolam dan La Tansa), 10) Mengirim Para Da’i ke Wilayah Baduy, usulan ini akan diambil alih oleh JAMDAL (Jaringan Muballigh Daar El-Qolam dan La Tansa), 11) Forum ini tidak dinotariskan atau tidak resmi secara formal hukum, tapi yang mengikat adalah ikatan hati para alumni untuk terus mengadakan silaturahim secara berkala dan mendoakan Guru kita tercinta Ayahanda Almarhum K.H. Ahmad Rifa’i Arif. (alumni-fkmdal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here