Muhammad Rizal DPR RI Bersama Kemenkes Sosialisasi Germas di Ciledug Tangerang, 600 Masyarakat Antusias

0
22 views
Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi sosialisasi germas ke masyarakat
Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi sosialisasi germas ke masyarakat.

KOTA TANGERANG, – Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama Direktorat pencegahan dan pengendalian penyakit menular Kementerian Kesehatan RI menggelar kegiatan sosialisasi Germas gerakan masyarakat hidup sehat bersama 600 masyarakat Ciledug, Kota Tangerang.

Kegiatannya di gelar di Gedung pertemuan duta sinar berkah, kelurahan Sudimara timur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Kegiatan sosialisasi Germas tersebut bertemakan sosialisasi program pencegahan dan pengendalian penyakit menular dengan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Sosialisasi itu dihadiri narasumber dari Direktorat pencegahan dan pengendalian penyakit menular ibu dr desriana elizabeth ginting M.Kes. dan Dinas kesehatan Provinsi Banten yang di wakili kasi P2PM dan PTM ibu drg. Nenden Diana Rose Mars. Dan Dinkes Kota Tangerang di wakili oleh sub kordinator bidang pencegahan dan pengendalian Ibu Lisa Felina S.Kep Ners, M.Epid Am.Kep.

Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi sosialisasi germas ke masyarakat
Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi sosialisasi germas ke masyarakat.

Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan. Agar terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit malaria, flu, tuberkulosis, cacat air, DBD, hepatitis, campak dan penyakit lainnya.

“kami mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan pola Germas. menjadikan masyarakat yang sehat kuat dan produktif dan terhindar dari berbagai penyakit, Sehingga nantinya di masa depan menjadi Indonesia Sehat dan Unggul.” terang dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

“Alhamdulillah saya sudah lebih dari 30 tempat turun ke masyarakat untuk sosialisasi tentang kesehatan, BPJS, dan dengan mitra kerja lainnya. Sosialisasi ini sangat penting sekali dan manfaatnya sangat besar, semua merespon dengan baik sehingga menambah ilmu pengetahuan masyarakat kita,” sambungnya

Dewan Muhammad Rizal menjelaskan dalam upaya pengendalian penyakit malaria yaitu kegiatan yang dilakukan adalah pemberian kelambu anti nyamuk di daerah beresiko tinggi, penemuan dini pengobatan tepat, penyemprotan dinding rumah pada lokasi KLB Malaria, dan penemuan kasus aktif. EliminasiStrategi eliminasi dilakukan pada daerah endemis rendah.

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi sosialisasi germas ke masyarakat.

“Dalam mencegah penyakit malaria salah satunya seperti menutup penampungan air saat tidak digunakan. Menggunakan obat anti nyamuk dan memakai kelambu saat tidur untuk menghindari gigitan nyamuk. Dan Menghindari aktivitas di dekat perairan saat malam karena nyamuk malaria lebih aktif di malam hari.” ujarnya

“semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Ciledug Tangerang, sehingga terciptanya semua masyarakat kita menjadi sehat kuat dan sejahtera,” ungkapnya

Dewan Muhammad Rizal dan narasumber tim Kemenkes RI saat foto bersama.
Dewan Muhammad Rizal dan narasumber tim Kemenkes RI saat foto bersama.

Sementara itu ibu dr desriana elizabeth ginting M.Kes. dari Direktorat pencegahan dan pengendalian penyakit menular Kemenkes RI menyampaikan bahwa Penyakit menular adalah salah satu gangguan yang rentan menjangkiti semua orang, termasuk juga anak kecil. Namun, masalah ini dapat dicegah dengan menerapkan atau menjalani gaya hidup sehat yang tepat.

“Dalam mencegah penyakit menular di masyarakat yaitu melalui Gaya Hidup Sehat seperti menjaga kebersihan makanan, rajin cuci tangan, tutup mulut saat batuk atau bersin, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat PHBS, masyarakat kita harus menerapkan itu semua agar selalu sehat,” jelasnya

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

Dalam sosialisasi tersebut masyarakat antusias melakukan tanya jawab dengan para narasumber tentang kesehatan. Sekitar 600 peserta dari berbagai elemen masyarakat menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here