Jurnalis Tangerang Raya Gelar Raker ke-VI Usung Tema ” Independensi Jurnalis Jelang Pemilu 2024″

0
4 views
Jurnalis Tangerang Raya Gelar Raker ke-VI Usung Tema
Jurnalis Tangerang Raya Gelar Raker ke-VI Usung Tema " Independensi Jurnalis Jelang Pemilu 2024".

BANTENKINI.COM, BANTEN – Himpunan Jurnalis Tangerang Raya (JTR) kembali menggelar rapat kerja ke VI di tahun 2023 bertempat di Hotel Marbella Anyer Banten dari tanggal 8-9 Desember 2023.

Dengan mengusung tema “Independensi Jurnalis Jelang Pemilu 2024”, para jurnalis yang terhimpun di JTR mengikuti materi rapat yang disampaikan Penasehat JTR R Herwanto yang saat itu hadir didampingi Ketua JTR Ayu Kartini untuk membahas seputar peran pers di tahun politik yang secara independen bertindak mengangkat isu-isu berkaitan dengan kepentingan umum.

Tak hanya itu Pers juga berkontribusi dalam mengawal pemilu agar berjalan dengan Jujur dan Adil (Jurdil )sekaligus bertindak sebagai penangkal berita Hoax yang berpotensi memecah belah bangsa.

“Sebagai Himpunan Jurnalis yang berafiliasi pada Organisasi Resmi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kita wajib ikut serta mengawal jalannya pemilu. Peran kita sebagai wartawan sangat diharapkan dalam mengawal pelaksanaan Pemilu serentak, seperti pemilihan DPRD Kota Tangerang, DPRD Provinsi Banten, DPR RI, DPD RI serta pemilihan Presiden dan Wakil presiden, agar terhindar dari money politik dan segala bentuk kecurangan dan menangkal informasi yang menyesatkan atau Hoax” Kata Herwanto saat membuka Raker VI JTR Jum’at (8/12/23) pukul 16.30 WIB.

Herwanto dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan kepada para wartawan anggota JTR yang belum mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) agar segera mengikuti UKW.

” Bagi anggota yang belum UKW silahkan nanti jika ada kesempatan untuk segera mengikuti UKW. Karena mengutip dari Dewan Pers ada 6(enam) Poin pentingnya UKW. Yang pertama untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. Kedua menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan. Ketiga, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik. Keempat, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual, Kelima, menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan dan Keenam, menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers ” katanya

Senada, Ketua JTR Ayu Kartini dalam penyampaiannya dihadapan puluhan anggota JTR menyatakan pentingnya mematuhi peraturan.

” Saya hanya mengingatkan kepada teman teman wartawan yang tergabung di JTR tentang pentingnya mematuhi aturan yang berlaku. Pertama patuhi Aturan Organisasi dan kedua patuhi aturan Dewan Pers agar kita tidak salah melangkah saat menjalankan tupoksi kita sebagai jurnalis.” katanya.

Ayu juga mengingatkan agar wartawan segera mempersiapkan diri untuk mengikuti KLW dan UKW.

“Dalam fungsinya JTR adalah tempat untuk mendidik wartawan menjadi wartawan yang profesional dan diakui dengan mengikut sertakan Anggota mengikuti Karya Latih Wartawan (KLW) untuk menjadi anggota PWI sebagai konstituen Dewan Pers serta mengikuti UJi Kompetensi untuk menguji kelayakan kita sebagai jurnalis” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sekitar materi Raker dan ditutup dengan sesi poto bersama puluhan Anggota JTR yang hadir.(ayu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here