Muhammad Rizal DPR RI Bersama BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi Program Jaminan Sosial di Kabupaten Tangerang

0
44 views
Dewan Muhammad Rizal.
Dewan Muhammad Rizal saat menyampaikan materi sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama BPJS Ketenagakerjaan menggelar kegiatan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada masyarakat kabupaten Tangerang.

Kegiatan sosialisasi tersebut di gelar di Rumah Joglo Dian Mustika, Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri sekitar 200 orang peserta dari berbagai elemen masyarakat dari wilayah Kecamatan Curug dan Kecamatan Kelapa Dua, seperti dari kader-kader, ibu-ibu, generasi milenial, Pemuda pemudi, RT/RW, mahasiswa, anak muda, tokoh agama, tokoh masyarakat, karang taruna dan elemen lainnya.

Hadir sebagai narasumber kepala kantor cabang BPJS ketenagakerjaan kabupaten Tangerang Ibu Ibkar Saloma dan Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang, bapak Arvino.

Muhammad Rizal mengatakan kegiatan sosialisasi bersama BPJS ketenagakerjaan ini dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang fungsi BPJS Ketenagakerjaan seperti dari manfaatnya, syarat mendaftarnya, dan pentingnya dalam kebutuhan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Rizal menjelaskan BPJS ketenagakerjaan itu ada yang formal dan informal, yang formal itu peserta dari pegawai perusahaan-perusahaan. kalau yang informal itu peserta yang pekerja sosial, pekerja rentan seperti petani, nelayan, sopir, ibu rumah tangga, atau pembantu rumah tangga, pedagang, juga profesi lainnya yang berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial yang sama.

“Kegiatan ini penting sekali untuk di ketahui oleh masyarakat, apabila sudah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan contohnya ketika mengalami kecelakaan akan mendapatkan jaminan sosial. Selain itu juga ada jaminan kematian, yang mana nantinya akan ada bantuan jaminan untuk keluarganya seperti untuk anak-anak dari peserta BPJS tersebut.” jelas Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Dewan Muhammad Rizal.
Dewan Muhammad Rizal saat berfoto bersama masyarakat.

Dalam kegiatan sosialisasi ini Politisi PAN itu pun bekerjasama dengan BPJS membantu mendaftarkan masyarakat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“saya pun memberikan bantuan jaminan selama tiga bulan akan membayarkan iurannya, setelah itu masyarakat sendiri yang akan melanjutkan membayar iuran bpjsnya.” ungkap rizal

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan juga semoga masyarakat selalu dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, terhindar dari berbagai penyakit.” harap rizal

Dewan Muhammad Rizal.
Dewan Muhammad Rizal dan narasumber saat berfoto dengan masyarakat.

Sementara itu kepala kantor cabang BPJS ketenagakerjaan kabupaten Tangerang Ibu Ibkar Saloma mengatakan bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki empat program jaminan sosial, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Kami hadir di sini untuk memberikan edukasi terkait pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, agar masyarakat dapat fokus bekerja tanpa rasa cemas, BPJS Ketenagakerjaan membangun pemahaman para pekerja terkait pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.” ujarnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here