Dosen UNPAM Diskusi Tentang Analisis Perilaku Konsumen Dan Rencana Pemasaran 

0
13 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG SELATAN – Era digitalisasi saat ini merupakan tantangan bagi pelaku bisnis. Oleh karena itu perlu memahami tren perilaku konsumen yang begitu dinamis agar dapat merencanakan strategi pemasaran yang tepat dengan melakukan inovasi dan promosi produk bagi UMKM dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Berdasarkan hal tersebut kami para dosen Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi dan Bisnis melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang terdiri dari Didi Sujadi, S.E., M.M. dan A.Asrorudin, S.Pd, M.M. serta Sonny, S.E., M.Si mengusung tema diskusi pentingnya menganalisisa perilaku konsumen dan rencana pemasaran, adapun pelaksanaan kegiatan ini di Pondok pesantren Pandawa Jl. Parung Hijau Desa Tegal Jampang Hambulu No.2 Pd. Udik Kec. Kemang Kabupaten Bogor. Sedangkan tujuan dari acara ini sebagai bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat.

Selanjutnya, menurut Didi Sujadi, dengan memahami perilaku konsumen terkait faktor budaya, sosial, dan personality / psikologis akan mengarahkan bagaimana memprediksi tindakan konsumen dimasa akan datang sehingga dapat membuat rencana pemasaran yang efektif dalam memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai target.

Dan sebagai penutup kami menyampaikan kepada para peserta mengenai pentingnya menganalis pasar dan perilaku konsumen sebagai upaya mempertahankan pelanggan, dan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan di tengah dunia bisnis yang semakin kompetitif, dimana semua pelaku bisnis harus selalu berusaha untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya dan dapat memberikan nilai/manfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here