Resmikan Kantor Cabang Teluknaga, Asda II Kabupaten Tangerang: LKM Artha Mendongkrak Pertumbuhan UMK

0
329 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Asisten Daerah Bidang Ekonomi Pembangunan (Asda II) Kabupaten Tangerang, Yusuf Herawan meresmikan kantor cabang PT Lembaga Keuangan Mikro Artha Kerta Raharja (Persero) Teluknaga, Rabu pagi 23 Desember 2020. Peresmian kantor PT Lembaga Keuangan Mikro Artha Kerta Raharja  (LKM AKR) Cabang Teluknaga itu bersamaan dengan semarak hari hari ulang tahun ke 5 badan usaha milik Pemerintah Kabupaten Tangerang tersebut.

Asda II Kabupaten Tangerang, Yusuf Herawan menegaskan dalam perjalanannya di usia ke 5 ini, LKM AKR menunjukkan perkembangan pesat dalam mendongkrak laju pertumbuhan usaha mikro kecil dan (UMK) di daerah Kabupaten Tangerang.

“Dalam situasi wabah covid’19 ini, kata Asda II Kabupaten Tangerang Yusuf Herawan, penerapan protokol kesehatan menjadi hal mutlak dalam setiap kegiatan. Demikian halnya dengan peresmian kantor ALK AKR Cabang Teluknaga ini, semuat mentaati protokol kesehatan,” jelas Yusuf Herawan.

Lebih lanjut Asda II Kabupaten Tangerang Yusuf Herawan menjelaskan, semenjak dilantik, Direktur Utama PT LKM AKR membuka layanan luar biasa di beberapa kecamatan. Pimpinan LKM Artha melakukan terobosan memanfaatkan gedung-gedung yang dulunya bekas apotik Sumber Jaya dan UPT Pendidikan menjadi kantor layanan.

“Ini semata-mata untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya sektor UMK agar ekonomi masyarakat lebih menggeliat lagi. Ini salah satu BUMD yang membanggakan Kabupaten Tangerang,” beber Yusuf Herawan.

Dikatakan Asda II Kabupaten Tangerang, dengan semakin bertambahnya kantor cabang ALK Artha maka semakin banyak pula masyarakat yang terlayani dan memanfaatkan jasa keuangan dari BUMD Kabupaten Tangerang ini. Dengan demikian, maka sangat membantu maayarakat agar tak terjerat dari lilitan rentenir.

“Kehadiran perusahaan ini juga memberi lapangan kerja bagi warga Kabupaten Tangerang,” jelas Asda II Kabupaten Tangerang Yusuf Herawan didampingi Direktur Utama ALK Kerta Raharja, Yuyun Junaedi.

Direktur Utama PT ALK AKR, Yuyun Junaedi menegaskan kantor cabang Teluknaga adalah yang kelima dan merupakan layanan ke 12 di pengujung tahun 2020 ini. Di usia kelima ini, ungkap Yuyun, Alhamdulilah PT ALK Artha sudah membukukan laba Rp1,9 milyar dengan total aset Rp31 milyar.

“PT ALK Artha Kerta Raharja ikut serta secara aktif dalam mensukseskan program penanganan dampak ekonomi yang dicanangkan bapak Bupati Tangerang Zaki Iskandar beberapa waktu lalu dengan mendata 1.169 debitur LKM Artha Kerta Raharja sebagai penerima bantuan subsidi bunga dengan total Rp2,7 milyar,” jelas Direktur Utama PT Lembaga Keuangan Mikro Artha Kerta Raharja (Persero) Teluknaga, Yuyun Junaedi.

Ditambahkan pula oleh Yuyun, PT ALK Artha juga diikutsertakan sebagai tim verifikator calon penerima bantuan permodalan dan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang. Pada tahun 2021 LKM Atha Kerta Raharja akan menidaklanjuti penerima bantuan permodalan dengan memberikan pinjaman mikro sebagai bentuk pembinaan berkelanjutan.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here