PDAM Tangerang: Lobang Besar di Jalan Daan Mogot Akibat Longsor Bukan Pipa Bocor

0
5 views

BANTENKINI.COM, TANGERANG – Kabid Humas PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang, Samsudin Sidik mengatakan penyebab jalan di kawasan Daan Mogot amblas bukan karena pipa milik perusahaannya yang bocor. Melainkan karena longsor sehingga mengakibatkan pipa air patah.

“Jadi gini. Jadi amblas gitu bukan karena PDAM, justru kita bocor itu karena ada longsor, sehingga kelongsoran itu menimpa pipa kita. Bukan berarti karena bocor jadi amblas, justru amblasnya itu longsor, amblas kemudian menimpa pipa kita. Sehingga pipa kita menjadi patah dan pecah jadi bocor,” kata Samsudin saat dihubungi, Minggu (12/1/2020).

Samsudin juga menepis BBPJN IV Jakarta yang menyebut adanya pipa milik PDAM di bahu jalan. Menurutnya, pipa tersebut sudah ditanam terlebih dulu
sebelum pembangunan jalan.

“Itu bukan di bahu jalan. Sebetulnya kan kita pipa itu sudah di pinggir dan itu pipa kita ketika sudah pembangunan jalan ya, itu kan pipa kita sudah beberapa kali. Artinya, sebelum ada pembangunan itu, pipa itu udah ada beberapa puluh tahun yang lalu,” tegas Samsudin.

Samsudin kemudian menegaskan kembali amblasnya jalan akibat longsor dari gorong-gorong seperti got yang menggerus ke jalanan.

“Itu kan ada gorong-gorong yang dari seberang seperti got, sehingga menggerus saluran air itu gitu. Jadi longsoran menimpa pipa kita gitu. Longsornya itu di Daan Mogot, berarti kan ada gorong-gorong yang dari tanah tinggi,” kata Samsudin.

Sebelumnya diberitakan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) IV Jakarta, Hari Suko Setiono menyebut ada pipa yang jebol sehingga menyebabkan jalan di Jalan Daan Mogot amblas. BBPJN akhirnya membuat gorong-gorong di sekitar pipa dengan panjang 15 meter untuk melakukan perbaikan.

“Ini disamping pipa PDAM, yang pipa kita di samping gorong-gorong terkena karatan dan jebol juga, itu penyebabnya. Sekarang kita langsung bongkar, kita minta PDAM langsung direlokasi pipa. Setelah direlokasi langsung buat yang dengan gorong-gorong beton,” kata Kepala BBPJN IV PUPR Jakarta, Hari Suko Setiono kepada wartawan di Jalan Daan Mogot, SD Tanah Tinggi, Tangerang Kota, Minggu (12/1/2020).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here