Muhammad Rizal DPR RI Gandeng BP3MI Banten Sosialisasi Peran Masyarakat Dalam Program Penempatan Pelindungan PMI di Bencongan Kelapa Dua

0
14 views
Muhammad Rizal DPR RI
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI fraksi PAN bersama Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Banten menggelar kegiatan sosialisasi peran serta masyarakat dalam program penempatan dan pelindungan pekerja migran indonesia, bersama masyarakat di Bencongan Indah, kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Kegiatannya digelar di GOR serbaguna RW 6 Kelurahan Bencongan Indah, pada selasa (12/12/2023). sekitar 200 masyarakat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Adapun peserta sosialisasi tersebut dari berbagai elemen masyarakat seperti dari generasi milenial, Pemuda pemudi, RT/RW, mahasiswa, anak muda, tokoh agama, tokoh masyarakat, karang taruna, dan lainnya.

Sosialisasi itu pun di hadiri narasumber dari BP3MI Banten Budi Novianto Dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang bapak Rudi Hartono.

Muhammad Rizal DPR RI
Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi sosialisasi program BP2MI.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan sosialisasi ini dalam rangka memberikan edukasi informasi tentang peluang kerja migran Indonesia yang baik dan prosedural.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan memperkuat koordinasi Pekerja Migran Indonesia dengan BP2MI, agar keluarga Pekerja Migran, maupun calon pekerja migran indonesia memahami prosedur dan aturan bekerja diluar negeri agar nyaman dan terlindungi,” terang Dewan Muhammad Rizal.

Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya itu pun mendorong masyarakat untuk cermat mencari Informasi peluang kerja luar negeri secara resmi seperti melalui BP2MI Pemerintah. Agar terhindar dari para sindikat-sindikat perdagangan orang.

Muhammad Rizal DPR RI
Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi sosialisasi program BP2MI.

Dewan Rizal pun mengungkapkan bagi masyarakat yang ingin bekerja keluar negeri agar memiliki kemampuan, keterampilan, dan kompetensi, agar nantinya di tempatkan di tempat yang terbaik dan dapat meningkat di tempat kerjanya, dengan melalui pemerintah secara resmi.

“Kalau sudah resmi jadi pekerja migran Indonesia, mudah-mudahan bisa membantu keluarga saudara di rumah, dan dapat membanggakan keluarganya, karena PMI merupakan pahlawan devisa untuk Indonesia.” jelas Dewan rizal

Selain itu dewan Muhammad Rizal menyampaikan bagi masyarakat yang sedang mencari lowongan kerja silahkan mencarinya melalui aplikasi SIAPKerja Kementerian Ketenagakerjaan, disana terdapat berbagai info lowongan pekerjaan.

Muhammad Rizal DPR RI
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

“Semoga apa yang sudah di sampaikan oleh para narasumber dapat bermanfaat, di pahami, di cermati dan di sampaikan kepada keluarga dan lingkungannya, agar terhindar dari para sindikat-sindikat calo yang tidak benar menawarkan bekerja keluar negeri,” ungkap Rizal

Selain informasi peluang kerja luar negeri, Sosialisasi ini turut mendukung program Sikat Sindikat yang dicanangkan BP2MI sebagai upaya pencegahan dan pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang kini marak terjadi.

Dalam kesempatan ini narasumber dari BP3MI Banten Budi Novianto menyampaikan skema penempatan PMI ke luar negeri, peluang kerja Program G to G ke Korea Selatan, Jepang, dan Jerman, serta tata cara menjadi PMI yang prosedural. PMI resmi adalah pekerjaan yang membanggakan.

Narasumber dari BP3MI Banten Budi Novianto saat memaparkan materi sosialisasi.
Narasumber dari BP3MI Banten Budi Novianto saat memaparkan materi sosialisasi.

“Program G to G ini mendorong penempatan PMI yang terlatih, terdidik, dengan penguasaan bahasa asing.” Jelasnya

Sementara itu Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang Rudi Hartono mengatakan Pemerintah kabupaten Tangerang saat ini menyediakan fasilitas pelatihan bahasa Jepang, korea, dan bahasa asing lainnya secara gratis. Semoga bisa dimanfaatkan kepada warga khususnya di kabupaten tangerang.

“sebelum di berangkatkan menjadi pekerja migran kami memberikan bekal pengetahuan kepada mereka, Bagi masyarakat yang ingin mengetahui tentang menjadi Pekerja Migran datang saja ke kantor Disnaker, atau melalui media sosial BP2MI dan Disnaker,” ujarnya

Muhammad Rizal DPR RI
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

Ditempat yang sama tokoh masyarakat bencongan indah mengapresiasi dewan Muhammad Rizal yang telah menggelar kegiatan sosialisasi tentang pekerja migran Indonesia.

“Terimakasih dewan Muhammad Rizal dan BP3MI Banten, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini kami menjadi tahu tentang peluang kerja keluar negeri, kegiatan ini bermanfaat sekali untuk masyarakat, dengan adanya dewan Muhammad Rizal semoga kegiatan ini terus berkesinambungan lagi,” ungkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here