Dispora Kota Tangerang Raih Penghargaan Penggerak Sport Tourism dan Sportainment

0
41 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Tangerang mendapat penghargaan dari Dewan Pimpinan Pusat Indonesia Sport and Special Interest Tourism Association (DPP Issita) sebagai organisasi perangkat dinas (OPD) penggerak olahraga wisata (sport tourism) dan olahraga hiburan (sportainment) di Banten.

Penyerahan penghargaan dilakukan di Gor Dimyati Kota Tangerang bersamaan dengan pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Issita Banten dan pembukaan kejuaraan bola basket Benteng Youth Tangerang, Rabu 1 Mei 2024.

Ketua DPP Issita, Isyak Meirobie menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang disaksikan mantan Bupati Tangerang yang juga Ketua Perbasi Banten, Ahmed Zaki Iskandar. Hadir pada kesempatan itu Kepala Bidang Olahraga Dispora Kota Tangerang Jejen Jaenudin.

Pasca penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten 2022, Dispora Kota Tangerang bersama stakeholder olahraga terus gencar menggerakkan sport tourism dan sportainment. Beragam kejuaraan nasional dan skala internasional dengan menggandeng pengurus cabang olahraga digelar di Kota Tangerang.

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang mengatakan sejak satu tahun terakhir pihaknya menggenjot penyelenggaraan sport tourism dan sportainment dengan berbagai kejuaraan olahraga tingkat nasional dan internasional. Disebutkannya, kejuaraan olahraga internasional yang telah digelar di Kota Tangerang di antaranya kejuaraan tenis meja internasional yang diikuti peserta dari tujuh negara di Asia dan Eropa di Gor Gondrong Kecamatan Cipondoh.

“Perhelatan olahraga internasional yang besar sukses digelar di Kota Tangerang selain kejuaraan tenis meja internasional yakni Indonesia Drum Corp International yang diikuti sejumlah negara Asean dengan peserta mencapai 2000 orang di Stadion Benteng Reborn,” beber Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang.

Sementara untuk tingkat nasional, Kota Tangerang telah menggelar kejuaraan nasional anggar, bola voli, senam, petanque, motocross, bulutangkis, bilyar, rugby dan banyak lagi yang lainnya. Kejuaraan tersebut digelar dalam beberapa hari, sehingga menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat.

“Ada banyak keunggulan yang dimiliki Kota Tangerang untuk menjadi tuan rumah perhelatan olahraga tingkat nasional dan internasional. Di antaranya di Kota Tangerang terdapat sejumlah venue olahraga yang standar nasional dan internasional. Ada banyak hotel untuk penginapan. Rumah sakit juga banyak terdapat di sini. Lokasi Bandara Soekarno Hatta berada di Kota Tangerang dan akses tol melintasi kota ini,” papar Kaonang.

Sementara itu Ketua DPP Issita Isyak Meirobie mengatakan Kota Tangerang kini bukan lagi penyangga Jakarta, melainkan telah menjadi kota satelit baru. Kota Tangerang sangat tepat untuk tempat perhelatan wisata olahraga dan minat khusus sehingga akan menjadikan kunjungan wisatawan yang lebih tinggi.

“Bukan hanya letak geografisnya yang strategis tapi juga keanekaragaman yang menjadi potensi kekuatannya,” jelas Isyak Meirobie yang juga juru bicara Kemenparekraf bidang sport tourism.***

• A Sanusih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here