Aliansi Warga Kota Serang Desak Pemkot Tetapkan Ats-Tsaurah Jadi Masjid Agung

0
3 views

BANTENKINI.COM, SERANG- Aliansi Warga Kota Serang menilai Masjid Agung Ats-Tsaurah Serang secara historis telah menjadi masjid agung kebanggaan bagi warga Serang-Banten.

Demikian disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Aliansi Warga Kota Serang Mumu Husni Mubarok kepada awak media di Kota Serang, Rabu (18/3) dini hari.

“Kami mendesak dan mendukung Pemkot Serang untuk tetap mempertahankan Masjid Ats-Tsaurah sebagai Masjid Agung Kota Serang,” katanya.

Dukungan tersebut dikatakan Mumu, sebagaimana hasil Kajian yang telah dilakukan oleh Pemkot Serang secara berjenjang dengan melibatkan stakeholder terkait.

“Juga kesepakatan Pemkot, DPRD Kota Serang, DMI, Ormas Islam, MUI, Kemenag Kota Serang dan tokoh masyarakat yang dilakukan pada rapat hari kamis (6/2) di Aula Setda Kota Serang,” tuturnya.

Pihaknya, kata Mumu, juga meminta kepada Pemkot untuk mempertahankan Alun-alun Kota Serang sebagai ruang publik sesuai dengan nilai historis yang ada.

“Alun-alun ini sudah ada sejak tahun 1912 M, sehingga alun alun Kota Serang telah terdaftar sebagai objek cagar budaya oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten,” katanya.

Terlebih kata Mumu, alun-alun juga sudah registrasi Cagar Budaya Nasional, yang secara otomatis struktur Alun-Alun dilindungi oleh Undang –Undang (UU) RI No.11 Th. 2010 tentang Cagar Budaya.

Untuk itu, dijelaskan Mumi, sarana ibadah tidak boleh dijadikan alat bergaining politik baik pilkada ataupun pileg.

Maka pihaknya meminta DPRD Kota Serang harus bersinergi dengan Pemkot Serang, dalam hal penetapan Masjid At-Tsauroh Pegantungan sebagai Masjid Agung Kota Serang.

“DPRD Kota Serang agar tetap konsentrasi bekerja sebagaimana fungsinya dan tidak mengeluarkan pernyataan yang berpotensi menimbulkan konflik,” ujarnya.

Pemkot Serang, ditegaskan Mumu, jangan meberikan peluang kepada organisasi yang mengatasnamakan Gerakan Pengawal Serang Madani (GPSM) untuk mengusulkan
pembangunan masjid agung baru di alun-alun Kota Serang

“Alasannya sangat tidak mendasar dan terkesan politis. Kami Aliansi Warga Kota Serang akan  konsisten memperjuangkan Masjid At-Tsauroh sebagai Masjid Agung Kota Serang dengan mengedepankan gerakan dan cara berpikir yang rasional dan beretika,” tutupnya. (Rizki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here