Dirjen Dukcapil Dorong Perekaman dan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital di DIY

0
10 views

YOGYAKARTA – Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi mendorong seluruh Dinas Dukcapil di Provinsi DIY untuk meningkatkan pelayanan bagi warga masyarakat. Pernyataan Teguh disampaikan dalam rapat bersama para Kepala Dinas Kabupaten/Kota se-Provinsi DIY di Yogyakarta, Kamis (6/4/2023), yang difasilitasi oleh Biro Tata Pemerintahan Provinsi DIY Kangjeng Pangeran Haryo Yudanegara.

“Saya mengapresiasi pelayanan yang sudah baik serta mendorong untuk terus-menerus meningkatkan pelayanan Dukcapil utamanya yang belum mencapai target yaitu perekaman KTP-el dan IKD (Identitas Kependudukan Digital), juga BPP (Buku Pokok Pemakaman) dan supaya lebih giat dan lebih baik lagi kedepannya,” kata Teguh.

Selain menyampaikan apresiasi dan mendorong peningkatan layanan, dalam kesempatan tersebut Teguh juga menyampaikan hal-hal pokok terkait hasil kinerja Dukcapil kabupaten/kota. Satu persatu indikator kinerja dan kiat-kiat atau usaha-usaha untuk mencapai target pada setiap indikator juga dibahas Dirjen Teguh.

Rapat juga diisi dengan serap aspirasi, dimana Teguh mempersilahkan para Kepala Dinas se-DIY dan Karo Tapem Provinsi DIY untuk bertanya ataupun memberi masukan terkait peningkatan kinerja pelayanan. Diantara hal yang mengemuka adalah; (1) Optimalisasi SIAK terpusat, (2) Syarat ISO 27001 untuk PKS Pemanfaatan Data, (3) Pembentukan Dinas Dukcapil tingkat Provinsi untuk DIY.

“Nanti kita follow up semua. Ini adalah kunjungan Provinsi yang ke-3. Banyak hal-hal yang tidak terpikirkan oleh saya jadi terbuka. Mengenai pembentukan Dukcapil Provinsi DIY akan kita surati tidak hanya untuk DIY karena ada beberapa provinsi juga yang mengusulkan pembentukan Dinas Dukcapil di tingkat provinsi,” kata Teguh merespons curhatan peserta rapat.

Sebagai informasi, kehadiran Teguh di DIY juga dalam rangka menghadiri Musrenbang RKPD DIY 2024 di Kepatihan DIY. Teguh hadir mewakili Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here