Festival Al A’zhom 2023 Bangkitkan UMKM Kota Tangerang

0
46 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Festival Al A’zhom 2023 telah berjalan dalam sepekan terakhir. Terlihat, masyarakat Kota Tangerang berbondong-bondong meramaikan jalannya festival yang digelar di Masjid Raya Al-Azhom Kota Tangerang tersebut.Tidak ketinggalan, Bazar UMKM juga turut mendapatkan tuah keuntungan dari keramaian yang meriah tersebut.

Salah satu penjual UMKM kopyah dan baju muslim, Bobi semisal, menjelaskan bahwa jumlah pengunjung di Festival Al A’zhom 2023 ini mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Lanjutnya, meski daya beli pengunjung dinilai tidak seramai tahun-tahun sebelumnya karena dipengaruhi beberapa faktor, seperti cuaca, momentum pelaksanaan, dsb, omset yang diterima rata-rata UMKM masih stabil dan berpotensi terus meningkat.

“Antusiasme pengunjung terlihat masih cukup tinggi. Jumlah pengunjung juga terpantau lebih maksimal tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sehingga, omset yang didapatkan juga masih standar sesuai dengan perhitungan yang telah kami lakukan. Apalagi, panitia juga terlihat telah optimal melakukan promosi sampai ke berbagai luar daerah,” tuturnya, Senin, 24 Juli 2023.

Pedagang UMKM lainnya, pemilik gerai Bubur Soga, Kusnadi menambahkan, kestabilan omset yang diterima para pedagang UMKM dibuktikan dengan pendapatan harian yang selama ini diterima. Rata-rata para pedagang UMKM tercatat tetap mendapatkan pendapatan yang normal, bahkan lebih dari cukup untuk menutup biaya operasional selama Bazar UMKM di Festival Al A’zhom 2023 berjalan.

“Kalau jumlah pengunjung tahun ini terbilang masih sangat ramai. Pendapatan kami (Bubur Soga) juga masih terbilang sangat stabil sampai sejauh ini. Secara umum, kami juga cukup puas dengan Bazar UMKM ini. Kami juga berharap di satu mingu terakhir ini akan terus ada peningkatan omset, sebagai pedagang UMKM, kami terus optimis kedepannya,” tambah Eni Wahyu, pedagang UMKM asal Cipondoh.

Selain itu, para pedagang UMKM berharap jumlah pengunjung akan terus meningkat di hari sisa pelaksanaan Festival Al A’zhom 2023. Sehingga, pendapatan yang didapat akan tercapai sesuai dengan yang ditargetkan sebelumnya.

“Ya, Alhamdulillah tahun ini omset akan terus meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya meski selisihnya tidak terlalu jauh. Kalau tahun kemarin bisa mencapai omset total tiga belas jutaan, tahun ini diperkirakan mencapai lima belas jutaan, bahkan diharapkan lebih besar lagi,” pungkas Riyad, penjual jajanan Korea di Bazar UMKM Festival Al A’zhom 2023.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here