UPT Puskesmas Sepatan Gelar Sosialisasi DM Dan Hipertensi

0
104 views

BANTENKINI.COM, KABUPATEN TANGERANG – UPT.Puskesmas sepatan gelar sosialisasi dan penyuluhan mengenai pencegahan dan penangan penyakit degeneratif khususnya Hipertensi dan Diabetes Mellitus di Aula Kantor Desa Pisangan Jaya Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang Pada Hari Senin,(12/09/2022).

Kegiatan yang dimulai dari pukul 8 : 00 Wib pagi tersebut dihadiri oleh Dokter Bambang Irawan berserta tim dari UPT Puskesmas sepatan ( PKM ) Sepatan,Perangkat desa TP PKK,Kader Posyandu, BPD LPM,Ketua RT dan RW, pemeriksaan kesehatan yanga terdapat pada rangkaian kegiatan meliputi:

1. Pemeriksaan Tensi tubuh
2. Pemeriksaan Kolestrol
3. Pemeriksaan Kadar Gula

Dokter Bambang Irawan dari Puskesmas Sepatan PKM Sepatan,dalam Penyampaian materinya menjelaskan bahwa Penyakit degeneratif merupakan penyakit akibat pola hidup yang tidak baik sehingga pengetahuan mengenai pencegahan dan penanganan penyakit Hipertensi dan Diabetes Mellitus.

” Karena ini sangat penting bagi kita semua mengingat penyakit ini sering menyerang orang yang sudah berusia diatas 40 tahun. Kedua penyakit tersebut merupakan penyakit yang masuk dalam daftar penyebab kematian dan dikenal sebagai silent killer.

Lebih lanjut dokter bambang dari PKM Puskesmas Sepatan menambahkan Penyakit hipertensi menjadi salah satu pemicu terjadinya komplikasi penyakit degeneratif lainnya seperti penyakit jantung koroner, stroke, diabetes mellitus dan penyakit lainnya. Begitu pula dengan diabetes mellitus jika terjadi komplikasi dapat mengakibatkan kematian.

Penyebab terjadinya hipertensi dan diabetes mellitus kurang lebih hampir sama yaitu akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktivitas fisik terutama olahraga, merokok dan makan makanan yang tinggi lemak atau minuman berkarbonasi,gaya hidup yang tidak sehat ini masih sering diabaikan karena tanda-tanda penyakit yang muncul pada usia lanjut dan tidak adanya pengawasan di usia muda atau usia produktif.

Di sisi lain untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan sangat penting karena dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit dengan melakukan pencegahan yang tepat perilaku (Gaya hidup) yang sehat merupakan kunci utama kesehatan manusia.

Penyampaian materi dengan media Visual (Projektor) yang dibagikan kepada peserta menjelaskan mengenai penyebab hingga penanggulangan penyakit Hipertensi dan Diabetes Mellitus beserta penjelasannya disampaikan secara presentasi agar lebih dapat dipahami oleh peserta.

Terpantau antusias warga yang mengikuti kegiatan cukup tinggi,dari kegiatan ini diharapkan pengetahuan masyarakat Desa Pisangan jaya mengenai penyakit Hipertensi dan Diabetes Mellitus dapat meningkat khususnya untuk kelompok risiko sehingga kejadian penyakit tersebut berkurang.(Hermansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here