Ramadan, Momentum Memperdalam Ilmu Agama

0
57 views

BANTENKINI.COM, TANGERANG SELATAN – Bulan Ramadan adalah momentum yang tepat untuk manusia belajar guna memperluas wawasan dan pengetahuan keagamaan. Belajar merupakan proses penting yang harus dilalui setiap insan. Dengan belajar manusia akan menjadi pribadi yang mumpuni, menjelma menjadi insan yang berdaya, dan memiliki kapasitas untuk memperkuat komunitas agar lebih siap menghadapi segala tantanan hidup yang semakin dinamis.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Lintasan Kalam, Nurusyifa Khofifah, dalam acara “Pesantren Kilat Ramadan dan Khatmil Quran” di RA & TPQ Al Mukhlashin Pondok Ranji, Tangerang Selatan (21/4).

Nurusyifa menambahkan, kegiatan Pesantren Ramadan yang digagas oleh komunitas mahasiwa Lintasan Kalam dan HIMATA Jakarta Raya tersebut dimaksudkan untuk memanfaatkan bulan puasa dengan kegiatan positif sekaligus menjadi kesempatan bagi para peserta didik untuk menimba ilmu-ilmu keislaman secara lebih mendalam.

“Kami menyediakan fasilitas belajar di bulan Ramadan ini agar anak-anak didik bisa belajar ilmu-ilmu keagamaan dengan cara yang menyenangkan,” ungkap Syifa.

Apalagi, ia menambahkan, derajat orang berilmu dalam Islam sangat tinggi. Mengutip firman Allah dalam surah Al-Mujadalah ayat 11, Syifa menambahkan bahwa menuntut ilmu merupakan pesan Allah yang harus ditunaikan. Sebab, dengan memiliki ilmu dan pemahaman yang baik, manusia dapat membedakan kebenaran dan kesalahan dengan jelas.

Terlebih pada bulan Ramadan, belajar dan mengajar merupakan kemuliaan bagi yang melakoninya. Karena itu, para alumni Pondok Pesantren Daar el-Qolam dan para aktivis Himpunan Mahasiswa Tangerang Jakarta Raya berinisiatif menyediakan fasilitas belajar agar dapat dimanfaatkan untuk menyambut kemuliaan Ramadan tersebut.

Kegiatan Pesantren Kilat Ramadan itu diharapkan dapat menjadi momentum untuk menumbuhkan semangat beribadah sekaligus memberi ruang kepada para peserta didik untuk menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang menyenangkan dan bermanfaat.

“Harapan kami, anak-anak yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi pribadi yang lebih baik serta bertindak dan berbuat senafas dengan tuntunan agama Islam,” ujar Muhammad Ali Akbar, Ketua Pelaksana Pesantren Kilat Ramadan dan Khatmil Quran.

Kegiatan Pesantren Kilat Ramadan dan Khatmil Quran diperuntukkan bagi siswa dan siswi SD/sederajat yang tinggal di sekitar Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Tanggerang Selatan. Acara tersebut diselenggarakan pada Kamis-Jumat, 21-22 April 2022.

Para peserta mendapat pengajaran materi keislaman, motivasi belajar, tahsin al-Quran, hingga suguhan kisah-kisah teladan para nabi yang layak dijadikan pelajaran. Kegiatan diakhir dengan kegiatan khataman al-Quran oleh para pegiat di Lintasan Kalam dan Himata Jakarta Raya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here