Puskesmas Sepatan Kabupaten Tangerang Gelar Program Prolanis Untuk Lansia

0
100 views

BANTENKINI.COM, KABUPATEN TANGERANG – Guna Membantu menjaga kesehatan lansia dan warga  berpenyakit kronis, Puskesmas sepatan menggelar Kegiatan Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis).Kegiatan yang digelar di halaman Depan Puskesmas Sepatan Kabupaten Tangerang Provinsi Banten pada hari Selasa, (24/05/2022).

Dalam giat tersebut di hadiri oleh Bidan Lusia Nunik Sri Wahyuni ( Koordinator Lansia ) Puskesmas Sepatan, Kader dari Desa Karet, Kader Mekar Jaya, Kader Kayu Bongkok serta peserta prolanis lansia.

Ibu Rohani ( 58 ) warga Desa Karet RT 04 RW. 02 Kecamatan Sepatan Kabupaten Tangerang salah satu perserta Prolanis saat di mintai keterangan di lokasi kegiatan Mengucapkan, “Alhamdulilah dengan kegiatan ini saya bisa mendapatkan pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan yang baik dan benar, selain itu ini juga ini merupakan ajang silahturahmi juga dengan peserta Prolanis lainnya, adapun yang saya dapat di kegiatan ini seperti, pengecekan gula darah, tensi darah dan yang terakhir mengikuti senam bersama,” ucapnya

Sementara itu Bidan Bidan Lusia Nunik Sri Wahyuni ( Koordinator Lansia ) Puskesmas sepatan,saat di di konfirmasi menuturkan bahwa dalam kegiatan ini para peserta akan mengikuti Penyuluhan kesehatan, pemeriksaan gula darah dan tensi darah, pengobatan bagi lansia dan dilaksanakannya senam Prolanis untuk menjaga kebugaran tubuhnya, serta peserta pun mendapat pemeriksaan kesehatan dan mendengarkan paparan ahli dalam menjaga kesehatannya.

Ditambahkan kembali dengan mengikuti kegiatan prolanis, para peserta baik lansia maupun penyandang penyakit kronis akan dapat mencapai kualitas hidupnya secara optimal,dengan peran aktif Puskesmas mengajak lansia dan penyandang penyakit kronis untuk mengikuti program prolanis sejak dini, sebelum tubuh terkena penyakit yang menjadi akut sehingga merugikan diri sendiri.

“Program Prolanis adalah salah-satu sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan kepada masyarakat secara proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan para lansia dan pasien penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi). Peserta sebelum dan sesudah mengikuti senam akan diminta melakukan pemeriksaan kesehatannya.selain itu kami juga memberikan penyuluhan kesehatan di antaranya pengenalan dan pencegahan penyakit kronis yang biasa terjadi di kalangan warga, khususnya lansia,” ujar Bidan Lusia Nunik Sri Wahyuni.

“Peliharalah Sehatmu Sebelum Datang Sakitmu!”

(Hermansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here