Proyek Betonisasi di Jalan Sunan Bonang Diduga Tidak Adanya KIP dan Mengabaikan K3

0
13 views
Proyek Betonisasi di jalan sunan bonang.
Proyek Betonisasi di jalan sunan bonang.

KABUPATEN TANGERANG, | Proyek Betonisasi Jalan Sunan Bonang, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang Banten diduga dikerjakan tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB), Jumat (29/12/2023) malam.

Dari pantauan awak media di lapangan, terlihat dengan jelas para pekerja tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), terkesan mengabaikan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3).

Tak hanya itu, agregat yang digelar pun diduga tidak sesuai spesifikasi anggaran yang ditentukan, dan diperparah dengan tidak adanya Keterbukaan informasi Publik (KIP).

Diduga papan informasi atau pagu anggaran proyek sengaja tidak dipasang oleh pihak pelaksana untuk mengelabui publik agar aksi dugaan penyimpangannya tidak terendus.

Saat dikonfirmasi, Riki yang diduga pihak pelaksana proyek tersebut terlihat kebingungan ketika ditanya papan informasi proyek dan berapa volume serta panjang jalan yang harus dikerjakan oleh awak media.

“Saya hanya kerja, kalau tidak salah panjang jalan Seratus, sedangkan untuk lebarnya saya tidak tau bang,” Ujar Riki yang diduga pihak pelaksana proyek tersebut.

Namun ketika awak media menanyakan papan proyek dan siapa pemborongnya, Riki mengaku papan proyek telah hilang diambil orang lain. Sedangkan untuk pemborongnya sendiri, Riki mengaku tidak mengetahui.

“Papan anggarannya hilang diambil orang, untuk pemborongnya saya tidak tahu, yaudah sekarang kita ngopi aja dulu,” Kata Riki pada awak media di lokasi.

Menurut informasi yang didapat, proyek tersebut dibiayai oleh Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tangerang. Namun sangat disayangkan, ketika awak media mencari pihak pengawas dari Dinas dan Konsultan tidak ada dilokasi proyek. Sehingga terkesan lemahnya pengawasan, yang mana hal itu menjadi celah bagi para kontraktor nakal untuk melakukan penyimpangan.

Sampai berita ini diterbitkan, pihak dinas terkait belum dapat dikonfirmasi karena tidak adanya papan anggaran di lokasi proyek. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here