Peringati Hari Gizi Nasional : Mahasiswa KKM Untirta Kelompok 22 Edukasi Pentingnya MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting

0
35 views

BANTENKINI.COM, SERANG – Kegiatan ini dilakukan di kantor desa Bale Kencana Kecamatan Mancak Kabupaten Serang. Dihadiri oleh ibu hamil, ibu yang memiliki balita dari perwakilan setiap RT yang ada di desa Bale Kencana. Isu stunting menjadi isu nasional yang menjadi perhatian besar, sehingga perlu mengedukasi masyarakat supaya bisa mencegah stunting pada anak, supaya anak bisa tumbuh kembang sesuai dengan usianya dan kecukupan gizi yang diterima anak pun baik dan sesuai.

Stunting merupakan masalah serius yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) berperan penting dalam memberikan tambahan nutrisi yang diperlukan untuk mencegah stunting pada bayi usia 6 – 8 bulan.

Sesuai pedoman MP-ASI dari Kementerian Kesehatan, penambahan protein hewani pada MP-ASI dapat membantu mencegah stunting. Protein hewani seperti daging sapi, ayam, ikan, telur, dan susu merupakan sumber nutrisi penting yang menunjang tumbuh kembang anak.

Pada hari Jumat, 26 Januari 2024, Kelompok 22 KKM Tematik tahap 1 UNTIRTA tahun 2024 melaksanakan kegiatan pemberian informasi dan contoh praktis pemberian MP-ASI kaya protein hewani untuk mencegah stunting pada bayi usia 6-8 bulan yang bertempat di Balai Kantor Desa Bale Kencana.

Kegiatan ini pun turut dihadiri oleh bidan yang ada di Desa Bale Kencana bahkan perwakilan semua kader posyandu desa Bale Kencana. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada ibu tentang pentingnya pemberian MP-ASI yang kaya akan protein hewani guna mendukung pertumbuhan optimal anak.

Pelaksanaan kegiatan diawali dengan penyampaian materi terkait stunting, MP-ASI dan contoh menu-menu MP-ASI oleh anggota KKM. Usai pemaparan materi ditayangkan video pembuatan menu MP-ASI dan dibagikan poster yang berisi contoh menu MP-ASI untuk bayi usia 6-8 bulan, bahan-bahan yang diperlukan, petunjuk pembuatannya dan nilai gizinya.

Diungkapkan oleh Ibu Sierfi Rahayu sebagai Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 22 ”kegiatan yang menjadi salah satu dari program kerja kelompok 22 ini sangat penting untuk masyarakat Desa Bale Kencana memahami pentingnya mencegah stunting pada anak.

Stunting ini sudah masuk ke dalam masalah prioritas yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah. Mahasiswa KKM ini bisa membantu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Sehingga masyarakat semakin banyak yang mengetahui dan memahami pentingnya mencegah terjadinya stunting pada anak”.

Dalam upaya mencegah stunting, penting bagi ibu dengan bayi 6-8 bulan untuk memperhatikan prinsip-prinsip pemberian MP-ASI, seperti memberikannya tepat waktu, memastikan kandungan gizinya mencukupi, dan memperhatikan kebersihan dalam proses persiapan dan pemberiannya.

Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar dalam upaya mencegah stunting dan mendukung pertumbuhan optimal bayi pada usia 6-8 bulan serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya nutrisi yang tepat pada masa awal kehidupan anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here