Ombudsman Puji Kapolda Banten Terkait Pelayanan Publik

0
6 views

BantenKini.com Serang – Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Dedy Irsan memberikan apresiasi kepada Kapolda Banten dibawah kepemimpinan Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho dan jajarannya karena Polda Banten kembali meraih prestasi. Kata Dedy, Polda Banten raih berpredikat terbaik dalam dimensi kepuasan pelayanan publik.

Hal ini disampaikan oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol. Agung Budi Maryoto dalam kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) Capaian Program Prioritas Kapolri Triwulan III pada beberapa waktu yang lalu, sekitar pukul 19.00 Wib. Anev dilakukan di Posko Presisi Mabes Polri, diikuti oleh Pejabat Utama Mabes Polri dan seluruh Kapolda melalui virtual meeting.

Dikatakan Dedy, sebagaimana diketahui, Posko Presisi yang dibentuk oleh Mabes Polri melakukan evaluasi secara periodik terhadap capaian Program Prioritas Kapolri di semua Satuan Kerja (Satker) Mabes Polri dan juga Polda-Polda jajaran. Menurut Dedy, posko Presisi Mabes Polri bahkan menggandeng lembaga survei profesional, Charta Politika Indonesia, untuk melakukan penelitian dan survei tentang implementasi Program Prioritas Kapolri.

“Hasilnya, sesuai survei pada periode Triwulan III Tahun 2021, Polda Banten mendapatkan predikat terbaik dalam dimensi kepuasan pelayanan publik dengan indeks nilai kepuasan masyarakat sebesar 84,3 peresn. Penilaian pada dimensi ini terkait dengan kepuasan pada kinerja Polda Banten dalam pelayanan publik, kepuasan pada kinerja Polda Banten dalam pelayanan online dan delivery service system serta kepuasan pada kinerja Polda Banten dalam tindak lanjut layanan hotline 110.”ucap Kepala Ombudsman Banten, Kamis (24/11).

Dijelaskan Dedy, Tiga indikator penilaian pada survei dimensi kepuasan pelayanan publik ini menjadi nilai positif yang harus dipertahankan oleh jajaran Polda Banten. Menurut Dedy, upaya yang dilakukan oleh Polda Banten dalam menjalankan program Kapolri secara serius dan sungguh-sungguh membuahkan hasil yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Selama ini Kapolda Banten telah mensosialisasikan Program Pendekar Banten, yaitu polisi yang empati, mengayomi dan dekat dengan rakyat. Program Pendekar Banten ini merupakan perwujudan dari Program Presisi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.”ujar Dedy.

Lanjut Dedy, pelayanan publik yang dilakukan kepada masyarakat pada akhirnya masyarakat itu sendiri yang melakukan penilaian terhadap pelayanan-pelayanan yang dilakukan. Kata Dedy, saat ini melalui survei kepuasan pelayanan publik yang dilakukan oleh Mabes Polri dengan pihak ketiga menempatkan Polda Banten di posisi terbaik (nomor satu).

“Capaian ini harus terus dipertahankan oleh Polda Banten dan diharapkan dapat menginsipirasi serta ditiru oleh Polda polda lainnya se Indonesia agar semakin banyak masyarakat yang mendapatkan pelayanan publik yang baik dan prima dari Kepolisian.”terang Dedy. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here