Muhammad Rizal DPR RI Gandeng Kemenkes Sosialisasi Tentang Kesehatan Gema Cermat Bersama 600 Masyarakat Mauk Tangerang

0
22 views
Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi pentingnya tentang kesehatan.
Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi pentingnya tentang kesehatan.

KABUPATEN TANGERANG, – Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI menggandeng Direktorat Jenderal Kefarmasian dan alat kesehatan Kementrian kesehatan RI menggelar kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat Germas bersama 600 masyarakat Mauk Kabupaten Tangerang.

Kegiatan Germas tersebut bertemakan ‘sosialisasi gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat) kepada stakeholder’. Kegiatan sosialisasinya bertempat di Futsal Maju Jaya Jl. Raya Mauk, Km 20, RW 003, Desa Banyu Asih, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, sabtu (22 Juli 2023).

Sosialisasi itu dihadiri narasumber dari Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI Ibu Ira Miranti S.si MHSM Apt, Perwakilan Dinas kesehatan Provinsi Banten ibu Ardhya Malahayati,  dan dari Dinas kesehatan kabupaten Tangerang bidang pelayanan kesehaan Ibu Evi Nur Sa’adah. Serta Apoteker Eva Suryanih dan Nur Dianah Rahmatika.

Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama Tim Kemenkes, Dinkes Banten dan Kabupaten Tangerang.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama Tim Kemenkes, Dinkes Banten dan Kabupaten Tangerang.

Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan.

“Kegiatan sosialisasi gema cermat ini merupakan upaya mewujudkan kepedulian, kesadaran dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menggunakan obat secara tepat dan benar.” Jelasnya

Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi pentingnya tentang kesehatan
Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi pentingnya tentang kesehatan.

“Masyarakat jangan membeli obat sembarangan di pinggir jalan. ada obat yang mahal tapi harganya murah itu kemungkinan obat palsu, jadi masyarakat jangan sampai tergiur itu, dikhawatirkan bukannya menyembuhkan malah menimbulkan penyakit baru.” terang dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Dewan Muhammad Rizal berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat menyadari agar lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakan obat-obatan. Apabila membeli obat, baca aturan pakai. Dan lebih baiknya bila sedang sakit periksakan ke Dokter, Puskesmas, atau Rumah Sakit terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Dewan Muhammad Rizal dan narasumbe saat foto bersama masyarakat
Dewan Muhammad Rizal dan narasumber saat foto bersama masyarakat.

“Semoga kegiatan sosialiasi ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, semoga kesehatan masyarakat kita menjadi semakin lebih baik lagi dan sejahtera” ungkapnya

Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI Ibu Ira Miranti mengatakan tujuan dari sosialisasi GEMA CERMAT ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penggunaan obat yang benar dan meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat secara rasional.

Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama Tim Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama Tim Direktorat Pengelolaan dan Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI.

Masyarakat harus dibekali tentang menggunakan antibiotik secara bijak yaitu dengan mengetahui dan memahami dengan 5 T.

1. tidak menggunakan antibiotik sendiri tanpa resep dokter, 2. Tidak menggunakan antibiotik untuk selain infeksi bakteri. 3. Tidak menyimpan antibiotik untuk persediaan di rumah. 4. Tidak memberikan sisa antibiotik kepada keluarga ataupun orang lain. 5. Tanyakan kepada apoteker informasi obat antibiotik.

Dewan Muhammad Rizal dan narasumber saat foto bersama masyarakat
Dewan Muhammad Rizal dan saat foto bersama masyarakat.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan diri, kesehatan keluarga, dan kesehatan di lingkungan secara umum.” ujarnya

Dalam sosialisasi tersebut masyarakat antusias melakukan tanya jawab dengan para narasumber tentang kesehatan dan masyarakat pun melakukan cek kesehatan yang telah di sediakan oleh tim medis.

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

Sekitar 600 peserta dari berbagai elemen masyarakat menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here