Muhammad Rizal DPR RI Gandeng Kemenkes Sosialisasi Germas Cegah Penyakit Tidak Menular Bersama Masyarakat Binong

0
25 views
Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

KABUPATEN TANGERANG, – Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama Kementrian kesehatan dan Poltekkes Banten melakukan sosialisasi program Germas gerakan masyarakat hidup sehat, dengan tema ‘melalui Germas kita cegah dan waspadai penyakit tidak menular (PTM).

Kegiatan sosialisasi germas kali ini bersama 600 masyarakat Binong Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

adapun pesertanya dihadiri oleh kader posyandu, kader puskesmas, mahasiswa, tokoh masyarakat, tokoh agama, ibu-ibu pengajian, ketua RT/RW, dan masyarakat lainnya. Kegiatan tersebut di gelar di gedung kitri bhakti Curug, Senin (4 September 2023).

Hadiri sebagai narasumber Direktur Poltekkes Banten prof dr khayan, dan Dinas kesehatan Kabupaten Tangerang yang di wakili ibu Dewi Yuliana lestai dan Kapus PPM ibu Suhartini.

Muhammad Rizal DPR RI.
Kegiatan sosialisasi germas.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan terdapat langkah-langkah penting dalam rangka menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) yang beresiko dialami oleh masyarakat.

“Tadi di jelaskan oleh narasumber Pertama melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, Kedua pola makan sehat, makan buah, sayuran, kurangi mengonsumsi gula, garam, makanan yg mengandung minyak, Ketiga tidak merokok, Keempat tidak mengonsumsi minuman beralkohol, Kelima melakukan cek kesehatan berkala,” terang Dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat memaparkan materi sosialisasi germas.

Lebih jauh Dewan Rizal menjelaskan bahwa untuk memacu masyarakat hidup sehat salah satunya dengan cara berpedoman 4 sehat 5 sempurna. Dan dengan cara berolahraga dari mulai yang kecil dahulu, seperti gerak jalan dan lainnya.

Menurut Politisi PAN itu kegiatan sosialisasi germas ini gencar dilakukan agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit hipertensi, diabetes, kolesterol, gangguan pernapasan dan penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat untuk masyarakat, sehingga masyarakat menyadari bahwa pola hidup sehat itu sangat penting sekali, baik di keluarga maupun di lingkungan masyarakat, ungkapnya.

Dewan Rizal pun mengungkapkan saat ini pemerintah sedang mengatasi persoalan pencemaran udara, kerana polusi udara ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama pada paru-paru.

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

“Oleh karena itu kami mengajak kepada masyarakat bila keluar rumah atau sedang berpergian di jalan untuk mengenakan masker, agar terhindar dari polusi udara,” ungkapnya

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama tim Poltekkes Kemenkes Banten.

Sementara itu Direktur Poltekkes Banten prof dr khayan menyampaikan bahwa cara mencegah penyakit tidak menular yaitu dengan Batasi konsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan.

“Selain itu Rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari. Tidak merokok atau terpapar asap dan residu rokok. Jaga berat badan ideal dan cegah obesitas. dan selalu cek kesehatan secara teratur.” jelasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here