Muhammad Rizal DPR RI Bareng Pusdatin BPOM edukasi Masyarakat Desa Rancaiyuh Panongan tentang Obat dan Makanan

0
16 views
Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat menyampaikan materi sosialisasi kepada masyarakat.

KABUPATEN TANGERANG, – Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama Pusdatin BPOM Pusat menggelar kegiatan sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, Informasi dan edukasi (KIE) obat dan makanan bersama tokoh masyarakat di Desa Rancaiyuh, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, senin (28/2/2023).

Sekitar 500 peserta dari berbagai elemen masyarakat antusias menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

Sosialisasi itu pun di hadiri oleh narasumber Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Obat dan Makanan, Syamsidar Thamrin dan Plt Kepala Balai Besar POM di Serang, bapak Faizal Mustofa Kamil yang di wakili oleh ibu Ratih dari BPOM bersama jajarannya, hadir juga Kepala Desa Rancaiyuh bapak Suherman.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang keamanan dan mutu produk obat, kosmetik, obat tradisional, pangan dan bahan berbahaya.

“masyarakat kita harus cerdas dan cermat dalam mengkonsumsi makanan dan obat-obatan, bila sedang sakit berobatlah ke dokter dan membeli obatnya pun di tempat yang resmi seperti di klinik maupun apotik, atau di rumah sakit, bila salah mengkonsumsi obat atau makanan di khawatirkan nantinya menimbulkan penyakit baru,” kata Dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

Dewan Rizal menjelaskan
selain dari itu masyarakat harus cerdas dalam memilih menggunakan kosmetik dan obat tradisional, masyarakat pun harus memperhatikan legalitasnya di khawatirkan produk barang tersebut ternyata palsu.

“Saya minta masyarakat harus hati-hati dengan memilih kosmetik, di hawatirkan produk itu tidak asli alias palsu hanya mirip luarnya saja ternyata barang kw, bukannya bagus untuk kulit ternyata nantinya menimbulkan penyakit baru.” ungkapnya

“Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat dan dapat di pahami oleh masyarakat, sehingga masyarakat kita pun menjadi sehat semuanya,” harapnya

Sementara itu Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Obat dan Makanan, Syamsidar Thamrin, mengatakan masyarakat dapat menelusuri obat dan makanan yang akan disonsumsinya dengan aplikasi Cek BPOM atau aplikasi BPOM public warning.

“masyarakat harus pandai memilih obat dan makanan yang aman. Sesuai dengan slogan BPOM yaitu Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Ijin Edar, dan Kadaluarsanya),” terangnya

Muhammad Rizal DPR RI.
Dewan Muhammad Rizal saat foto bersama masyarakat.

Sementara itu kepala desa Rancaiyuh Suherman mengungkapkan rasa syukurnya bahwa daerahnya bisa dikunjungi langsung oleh bapak Muhammad Rizal Anggota DPR RI dari fraksi PAN yang turun langsung menggelar kegiatan sosialisasi BPOM seperti ini di masyarakat Desa Rancaiyuh.

“Alhamdulillah warga kami antusias dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini, ini sangat luar biasa bapak Muhammad Rizal DPR RI sering turun ke desa-desa menemui masyarakat, dan memperhatikan kebutuhan masyarakat di dapilnya, mudah-mudahan kegiatan ini berkesinambungan lagi. Semoga bapak haji Rizal bisa silaturahmi lagi dengan kegiatan program lainnya, semoga ini berkah untuk kita semua.” ujar suherman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here