Meski Hujan, Kader Prabowo Nyaman Dengar Keluhan Warga Lebak Soal Pembangunan Desa

0
20 views

Bantenkini.com Lebak – Warga Kampung Cipancur, Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung mengaku sangat berterimakasih atas kehadiran orang nomor satu di lingkungan DPRD Provinsi Banten yaitu Andra Soni.

Menurut warga, orang penting seperti Andra Soni rela hujan-hujanan datang demi menyempatkan waktu untuk menemui warga mereka hanya untuk bersilaturahmi dan mendengarkan keluh kesah masyarakatnya.

Keterangan tersebut dikatakan oleh salah satu kader dari Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo, Link saat bertemu dengan Andra Soni yang juga merupakan ketua DPD Gerindra Provinsi Banten, Minggu (16/7/2024)

“Tokoh-tokoh masyarakat di sini dan seluruh warga kampung Cipancur, Desa Pasir Tanjung berterimakasih kepada Pak Andra Soni, beliau mau mendengarkan keluh kesah warga. Setelah mendengar pemaparan pak Andra Soni yang disampaikan ke warga, saya yakin mereka mendukung pak Andra Soni sebagai calon Gubernur Banten periode 2024-2029, ” ucap warga Kampung Cipancur Iink yang juga Relawan Jokowi Bergerak Bersama PrabowoPrabowo Banten, Minggu (16/6/2024)

Diceritakan Iink, cara Andra Soni mau mendengarkan warga itu terlihat ketika beliau mau duduk di lantai, memperkenalkan diri sambil hujan-hujanan, pada saat itu, kata Iink mau melihat langsung tempat Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yaitu pembuatan krey dari pelapah kelapa sawit. Menurut Iink, kader Prabowo tersebut mengatakan UMKM itu sangat penting dalam mewujudkan ekonomi di Desa.

“Pembuatan krey dari pelepah sawit merupakan usaha yang rata-rata dilakukan oleh masyarakat di desa-nya. Ini mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari. Kebetulan di Desa ini ada perkebunan kepala sawit, kami memanfaatkan pelepahnya untuk pembuatan krey,” tutur Iink meyakinkan Andra Soni saat berkunjung ke Kampungnya.

Iink menjelaskan, bahwa hasil dari pembuatan krey paling banyak mereka pasarkan ke Bogor, Jawa Barat. Harganya sendiri variatif tergantung ukuran krey. Iink berharap dengan kunjungan ketua DPRD Banten tersebut, pelaku UMKM bidang krey mendapatkan pasar yang lebih luas. Dengan demikian, perekonomian akan lebih meningkat.

“Kami kirim ke Bogor. Kadang-kadang ada juga pengepul datang ke sini, cuma ya itu harganya lebih murah dibanding dikirim langsung. Mudah-mudahan ini menjadi perhatian bapa Andra Soni. Kami ingin jangkauan pemasaran yang lebih luas,” beber Iink yang juga sebagai penggerak pemilih untuk Prabowo-Gibran saat Pilpres 2024 kemarin.

Selain itu, kata Iink kepedulian Andra Soni juga terlihat ketika saya mendapat informasi bahwa kader Prabowo itu ikut mendorong agar jalan pores desa di kampungnya bisa diperbaiki. Kata Iink, hal itu terlihat ketika dia mendapat kabar bahwa perwakilan dari Dinas PUPR berencana akan melakukan survei tentang jalan yang pernah dilewati oleh Ketua DPRD Banten tersebut mirip kubangan kerbau.

“Dapat informasi bahwa jalan yang dilewati oleh Pak Andra Soni akan disurvei oleh PUPR Provinsi. Itu artinya kehadiran beliau memberikan manfaat positif untuk kampung kami,
“kata Iink menjelaskan.

Sebab kata Iink, akses jalan di kampungnya merupakan sangat penting karena banyak dilalui oleh anak-anak sekolah dan para petani. Selain menaruh perhatian serius terhadap pembangunan di desa, kata Iink, Pak Andra Soni juga sangat respon terhadap dunia pendidikan.

“Terlihat dari cara bicara dan menyampaikan beliau sangat peduli terhadap kepentingan orang banyak. Belum jadi gubernur saja sudah peduli, apalagi sudah terpilih, kami bersama warga siap mendukung pencalonan pak Andra Soni sebagai gubernur Banten, ” ujar Iink.

Sementara itu, Andra Soni yang juga merupakan calon Gubernur Banten mengatakan, UMKM berperan penting dalam perekonomian Banten. Antara lain untuk penyerapan tenaga kerja. UMKM, lanjut Andra, perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah. Masukan tentang pemasaran menjadi hal penting yang perlu ditindaklanjuti.

“UMKM menjadi pilar penting bagi ekonomi masyarakat di Banten. Apa yang disampaikan masyarakat akan tindaklanjuti sesuai kewenangan yang dimiliki saat ini,” kata Andra Soni yang juga merupakan anak yang lahir dari Kampung.

Menurut Andra Soni, terkait keluhan warga tentang sarana akes jalan yang memang tidak layak, dia berjanji akan mencari solusinya. Kader prabowo tersebut mengatakan bahwa saya akan coba usulkan di anggaran perubahan.

“Habis lebaran di survei oleh perwakilan PUPR, kita berdoa saja, mudah mudahan bisa terwujud keinginan warga dan kita semua agar akses jalan di Kampung Cipancur Desa Pasir Tanjung bisa nyaman dilewati. Kita mencari berkah saja dan beribadah,” tutup Andra Soni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here