Kota Tangerang Berhasil Kawinkan Gelar Juara Umum Popda XI Banten dengan Porprov VI

0
23 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Kota Tangerang berhasil menjadi juara umum Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Banten. Prestasi ini menjadi raihan yang patut diapresiasi, terlebih kota Tangerang berhasil mengawinkan gelar juara umum Popda XI Banten 2024 dengan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten 2022.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, menyambut gembira raihan prestasi kontingen Kota Tangerang yang dalam sejarah penyelenggaraan Popda baru kali ini bisa menjadi juara umum.

“Alhamdulillah, rasa syukur dan bangga menyelimuti kita semua karena Kota Tangerang meraih prestasi Juara Umum Popda XI Banten ini,” ujar Nurdin, dalam sambutannya pada acara penutupan Popda XI Banten di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Kamis malam 13 Juni 2024.

Pencapaian ini, lanjut Pj Wali Kota, menjadi bukti nyata komitmen dan kerja keras semua pihak, baik atlet, pelatih, ofisial maupun seluruh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam mempersiapkan diri menjadi tuan rumah hingga mampu juara Popda XI Banten.

“Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi seluruh atlet, pelatih, ofisial, dan semua pihak yang telah terlibat dalam mengantarkan Kota Tangerang meraih prestasi Juara Umum Popda XI Banten ini,” ujar Nurdin.

Pj Wali Kota Nurdin juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh kontingen dari kabupaten dan kota se-Provinsi Banten yang telah berpartisipasi dalam Popda XI Banten.

“Semangat sportivitas dan persahabatan yang terjalin selama Popda XI Banten ini, menjadi modal penting bagi para atlet untuk terus berprestasi di jenjang yang lebih tinggi baik tingkat Nasional hingga Internasional,” kata Nurdin.

Pj Wali Kota Tangerang berharap, prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi para pelajar di Kota Tangerang untuk terus berlatih dan berprestasi, tidak hanya di bidang olahraga, tetapi juga di bidang lainnya termasuk menjadikan Kota Tangerang sebagai Kota Sport Tourism.

“Harapan saya, kegiatan Popda dan prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi para pelajar di Kota Tangerang untuk terus berprestasi, tidak hanya di bidang olahraga, tetapi juga di bidang lainnya,” harap Nurdin.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, mengucapkan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada para atlet yang telah mendedikasikan diri untuk olahraga. Prestasi yang diraih merupakan hasil dari kerja keras dan pengorbanan, sehingga patut dibanggakan.

“Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar. Kami ucapkan  selamat kepada Kota Tangerang atas pencapaian prestasi menjadi juara umum, dan terima kasih sudah menjadi tuan rumah yang baik bagi kami semua. Popda bukan hanya tentang pertandingan dan perolehan medali, namun  momen penting dalam meningkatkan karir olahraga dan semangat sportivitas prestasi. Di samping prestasi, olahraga juga sudah menjadi bagian dari industri yang dapat meningkatkan  perekonomian daerah,” ungkap Al Muktabar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang menuturkan, ini sejarah yang tidak main-main. Di mana, Kota Tangerang memiliki selisih medali yang jauh dengan Kota Tangerang Selatan di posisi kedua yaitu 31 medali emas.

“Kota Tangerang di Popda XI Banten ini menangnya telak. Dominasi Kota Tangsel sudah dasawarsa, tapi Kota Tangerang berhasil memutus itu. Bukan soal menjadi tuan rumah pasti juara umum, Kabupaten Tangerang pernah jadi tuan rumah tapi yang menang Kota Tangsel, begitu juga Kota Serang,” tegas Kaonang, usai gelaran penutupan Popda XI Banten berlangsung, di Stadion Benteng Reborn.

Kaonang pun mengaku, cabor-cabor Kota Tangerang memang banyak yang menunjukkan perkembangannya. Seperti tinju yang sebelumnya hanya satu emas, kali ini lima emas. Cabor renang sebelumnya satu emas, di Popda tahun ini lima emas, tak terkecuali cabor panjat tebing dan masih banyak lagi.

“Walau ada satu dua cabor yang butuh di evaluasi. Tapi Popda XI Banten ini, seluruh atlet Kota Tangerang sudah memberikan yang terbaik. Ini torehan sejarah yang tak akan terlupakan, saatnya tingkatkan untuk mempertahankan juara umum di tahun-tahun selanjutnya,” kata Kaonang.

Ia pun menuturkan, rasa bangga dan terima kasih sebesar-besarnya atas nama Pemkot Tangerang kepada seluruh atlet, official, pelatih dan tak terkecuali para orang tua atlet.

“Pemkot Tangerang berharap, usai torehan prestasi pada Popda XI Banten ini, seluruh atlet Kota Tangerang dapat melanjutkan prestasinya di ajang-ajang nasional hingga internasional. Selamat dan terima kasih, kamu bangga pada kalian,” seru Kaonang.

Adapun Kontingen Kota Tangerang pada Popda XI Banten, berhasil menunjukkan dominasinya dengan berhasil meraih medali emas terbanyak di antara kontingen lainnya, yaitu sebanyak 94 medali emas, 74 medali perak, dan 67 medali perunggu, dengan total 235 medali l. Untuk Popda XII tahun 2026 akan diselenggarakan di Kota Cilegon.***

• A Sanusih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here