Kolaborasi Bulog, Disperindag Siap Bentuk RPK di Lebak

0
23 views

BantenKini.com Lebak – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Dedi Setiawan siap mendorong agar Rumah Pangan Kita (RPK) berkembang di Kabupaten Lebak. Hal tersebut dilatakan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) pasar pada perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Dedi Setiawan, Rabu (22/9) di Rangkasbitung.

“Kalau diminta, kita siap mendukung agar RPK (Rumah Pangan Kita-red) bisa berkembang di masyarakat Lebak, sehingga ada peningkatan dan perputaran ekonomi khususnya yang berpenghasilan rendah.”ucap Kabid Disperindag Kabupaten Lebak, Dedi Setiawan, kepada awak media, Kamis (23/9) di Rangkasbitung.

Menuurut Dedi, kehadiran RPK sebagai mitra Bulog tentu dapat membantu masyarakat yang berepenghasilan rendah di Lebak. Kata Dedi, masyarakat bisa membeli bahan pokok dengan harga yang murah dan terjangkau, sehingga bisa menstabilkan hara di pasaran.

“Saat ini, pembentukan RPK di Lebak dan Pandeglang belum merata. Saya berharap setiap kecamatan atau desa bisa menjadi mitra Bulog dengan sahabat RPK.”beber Dedi.

Dikatakan Dedi, untuk harga bahan pokok di RPK itu bisa dikontrol karena dibatasi oleh Bulog dan RPK tak diperbolehkan menjual harga yang terlalu tinggi. Kata Dedi, dari Bulog ada pengawasan agar harga kebutuhan pokok oleh RPK-RPK lain tak melambung dan kalau ditemukan menjual harga tinggi, maka akan dikenakan sanksi.

“Bulog akan memutus kemitraannya kalau RPK menjual harga kebutuhan pokok terlalu tinggi dan melebihi harga yang sudah ditetapkan.”ujar Dedi.

Dedi menyarankan seandainya masyarakat Lebak ingin menjadi mitra Bulog atau Sahabat RPK. Mereka bisa datang ke Bulog dengan modal yang terjangkau antara Rp 2 juta sampai Rp 5 juta.

Modal itu, kata Dedi, untuk membeli bahan pokok dari Bulog, seperti beras, minyak goreng, telur, terigu, daging kerbau dan gula.

Dedi menyebut, harga bahan pokok tersebut tentu murah untuk sahabat RPK. Kata Dedi Diseprindag Lebak siap bersinergi dalam mendorong RPK untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pangan dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dari harga di pasaran umum.

“Diseprindag Lebak siap dorong masyarakat agar menjadi sahabat RPK. Sehingga daya beli masyarakat berpenghasilan rendah meningkat.”terang Dedi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here