Kinerja Almuktabar Bangun Komunikasi Disukai Ulama Kota Tangerang

0
17 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Almuktabar banjir dukungan di usia 3 bulan masa jabatannya sebagai Pj Gubernur Banten. Apresiasi dari berbagai kalangan karena dilihat dari cara komunikasi yang dilakukan selama ini.

Ada beberapa pertimbangan para Ulama mengapresiasi kinerjanya. Pertama: Pj Gubernur Banten mampu menjaga stabilitas wilayah di saat masa peralihan masa jabatan gubernur definitif ke PJ gubernur dengan kondusif.

Dengan pengalaman dalam birokrasi, Almuktabar berhasil menjaga kondusifitas Pemprov Banten setelah terjadi transformasi kepemimpinan.

Berakhirnya masa jabatan Gubernur Wahidin Halim kemudian ditunjuknya Pj Gubernur oleh pemerintah pusat, biasanya menimbulkan gejolak di tubuh pemerintahan. Dan Almuktabar selaku Pj Gubernur Banten sukses melakukan komunikasi sehingga Pemprov Banten dalam kondisi baik dan kondusif.

Kedua: Apresiasi dan dukungan tidak hanya dari kalangan ormas, legislatif dan akademisi. Tapi juga dari kalangan ulama, dalam hal ini Ketua MUI Kota Tangerang KH. Ahmad Baijuri khotib, MA.

Menurut Ketua MUI Kota Tangerang, Pj Gubernur Banten ini orang baik, selain berpengalaman dalam birokrasi Almuktabar pandai bergaul termasuk dengan para Ulama.

“Komunikasi yang dilakukan selama ini dengan Ulama menjadi daya tarik tersendiri bagaimana Pj Gubernur Banten mengelola daerah yang dikenal dengan kota santri ini”, ujar KH. Ahmad Baijuri khotib, MA. Selasa (9/8/2022)

KH Baijuri Khotib, Ketua MUI Kota Tangerang

Masih menurut KH Ahmad Baijuri Khotib, hal ini harus digalakan, memang jabatan Pj Gubernur Banten tidak sama dengan gubernur definitif tapi keberadaannya sebagai Pj Gubernur Banten harus mampu merangkul seluruh elemen penting salah satunya adalah keberadaan Ulama.

“Nah Pj Gubernur Banten sudah melakukan hal tersebut makanya kita apresiasi kinerjanya selama ini”, ujar KH Ahmad Baijuri Khotib.

“Ke depannya persoalan Banten harus diselesaikan. Soal carut marut permasalah birokrasi harus menjadi perhatian bersama. Karena Pj Gubernur butuh dukungan birokrasi yang kuat dan handal sebagai pengejawantahan semangat reformasi birokrasi,” lanjut KH. Ahmad Baijuri khotib.

Karenanya, KH Ahmad Baijuri mendukung sepenuhnya Pj Gubernur Banten untuk mereformasi birokrasi.

“Pak Al harus dikelilingi orang-orang baik, karena birokrat yang baik itu akan memberikan dampak positif untuk Banten yang religius,” ucap KH. Ahmad Baijuri Khotib

“Pak Al jangan ragu dan bimbang tujuan mulia mereformasi birokrasi bukan semata untuk mendzolimi birokrat, ini hanya bagian dari semangat meningkatkan pelayanan terhadap warga negara,” tukasnya

Menurut KH. Ahmad Baijuri Khotib dalam Islam, fungsi dari kebijakan satu pemerintahan harus berdasarkan kepada prinsip mencapai kemaslahatan atau kepentingan masyarakat secara luas.

Sistem pemerintahan yang di dalamnya menjalankan birokrasi harus mampu memberikan pelayanan kepada warga negara dengan baik.

Sepeti dalam kaidah Ushul Fiqih “Tasharruful imam ‘alar ra’iyyah manuthun bil maslahah” yang artinya “Tindakan pemimpin terhadap rakyat itu harus didasarkan atas pertimbangan kemaslahatan.

“Kita husnuzzhan (berbaik sangka) saja kepada pemerintah pastinya menginginkan yang terbaik untuk kemaslahatan warganya,” ujar Ketua MUI Kota Tangerang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here