IPA Sitanala Diresmikan Oleh Presiden Jokowi

0
14 views
IPA Sitanala Diresmikan Oleh Presiden Jokowi.
IPA Sitanala Diresmikan Oleh Presiden Jokowi.

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Setelah rampung dibangun dan di serahterima Pengelolaan IPA tersebut dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Instalasi Pengolahan Air (IPA) akhirnya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, di Bendungan Karian, Kabupaten Lebak, bersamaan dengan peresmian bendungan terbesar ketiga di Indonesia tersebut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, yang hadir didampingi Direktur Utama Perumda Tirta Benteng, Doddy Effendi, menyampaikan apresiasinya atas gerak cepat Pemerintah Pusat dalam merespon kebutuhan air bersih di Kota Tangerang dan berharap dengan diresmikannya IPA Sitanala tersebut kebutuhan masyarakat akan air bersih dapat semakin terpenuhi.

“Insha Allah IPA Sitanala yang memiliki kapasitas hingga 500 liter/detik ini nantinya akan dapat semakin optimal dalam menyuplai ketersediaan air bersih untuk masyarakat Kota Tangerang.” ucap Pj usai acara peresmian, Senin, (08/01/2024).

“Dan dengan diresmikannya IPA Sitanala ini, tentunya tak kurang dari 51.000 Sambungan Rumah (SR) di zona dua siap untuk dialiri air bersih.” imbuhnya.

Terlebih, lanjut Nurdin, IPA Sitanala juga ditunjang dengan sistem pemantauan elektronik Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA).

“Tentunya hal ini akan menambah efektivitas kerja pegawai dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap mekanisme dan juga perangkat yang mendukung penyediaan air bersih bagi masyarakat sehingga dapat lebih optimal lagi.” terang Nurdin.

Sebagai informasi, Perumda Tirta Benteng akan mengaliri hibah jaringan perpipaan dan sambungan rumah sebanyak 51.415 sambungan, dari PDAM Tirta Kerta Raharja. Sambungan tersebut berada di zona dua yaitu Kecamatan Karawaci, Kecamatan Cibodas, dan Kecamatan Periuk, dan Kecamatan Jatiuwung.

Dirut Perumda Tirta Benteng Doddy menjelaskan, dihari minggu,(07/01/2024), IPA sitanala terlebih dahulu dicek langsung oleh Menteri PUPR, Pa Basuki turut hadir mendampingi ibu Dirjen Cipta Karya dan Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, tentunya kegiatan tersebut dalam rangka mengecek dan memastikan langsung bahwa IPA Sitanala sudah befungsi, jelasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here