Festival Al A’zhom IX Dibuka 23 September 2022, Jalan Santai Sarungan Batik Banyak Doorprize Menarik

0
152 views

Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kota Tangerang Kaonang dan Ketua BKPRMI Kota Tangerang Ahmad Rofiki memimpin rapat koordinas dengan OPD terkait membahas persiapan Festival Al A’zhom di ruang Akhlaqul Karimah Gedung Puspem Kota Tangerang, Rabu 21 September 2022.

BantenKini.com, KOTA TANGERANG – Festival Al A’zhom IX tahun 2022 akan dibuka Jum’at 23 September dan berlangsung sampai 5 Oktober 2022. Perhelatan yang sempat vakum selama dua tahun lantaran diterpa pandemi covid itu, menjadi hajatan tahunan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pemuda Olahraga yang selenggarakan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Kota Tangerang.

Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman dalam rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan Festival Al A’zhom di ruang Akhlaqul Karimah Gedung Puspem Kota Tangerang, Rabu 21 September 2022 mengungkapkan, jalan sehat sarungan batik yang semula akan digelar pada 2 Oktober 2022, namun dimajukan menjadi Minggu pagi 25 September 2022.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Kaonang menjelaskan pada Festival Al A’zhom 2022 ini banyak nuansa baru nan menarik yang disuguhkan penyelenggara untuk masyarakat. Aneka lomba serta pertunjukan Islami dari masyarakat untuk masyarakat disertai jalan santai sarungan batik berhadiah utama dua paket umroh menjadi sajian menarik juga berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya.

“Jalan santai sarungan batik ini semua peserta harus mengenakan kain batik Kota Tangerang. Terbuka untuk semua masyarakat segala usia. Untuk organisasi perangkat daerah kostum yang dikenakan sudah diinformasikan,” jelas Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang.

Penyelenggara Festival Al A’zhom IX tahun 2022 juga menyuguhkan pameran kaligrafi nasional dan artefak Nabi Muhammad SAW beserta Sahabat. Dalam gelaran festival tahun ini, semua kecamatan di Kota Tangerang diberi kesempatan untuk manggung menyuguhkan beragam penampilan dari masyarakat wilayah setempat.

Untuk penampilan panggung dari kecamatan ini, dibagi tiga wilayah yakni Timur, Tengah dan Barat. Wilayah Timur meliputi Kecamatan Larangan, Ciledug, Karang Tengah dan Pinang. Wilayah Tengah yakni Cipondoh, Batuceper, Benda dan Neglasari. Sementara Wilayah Barat yaitu Kecamatan Tangerang, Karawaci, Cibodas, Jatiuwung dan Periuk.

Masing-masing wilayah beri panggung selama satu hari untuk menyuguhkan bermacam performance terbaik. Pihak kecamatan dipersilahkan untuk berkolaborasi dengan MUI dan DMI wilayah setempat.

Yang tak kalah menarik yakni suguhan aneka produk dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Tangerang. Para UMKM Kota Tangerang ini membuka aneka gerai di arena Festival Al A’zhom. Lebih dari 200 pelaku UMKM akan hadir dalam festival ini. Mereka membuka gerai menyajikan produk fesyen, kerajinan tangan dan kuliner yang memiliki citra rasa memanjakan lidah.

Ketua Panitia Festival Al A’zhom Abdul Basit menargetkan dari perhelatan ini secara keseluruh UMKM akan meraup omset mencapai lebih dari Rp2 miliar. Asumsinya, satu hari masing-masing UMKM meraih omset sebesar satu juta rupiah dikalikan dua ratus gerai selama 13 hari penyelenggaraan festival.

Tak hanya itu, Festival Al A’zhom tahun ini juga menggelar diskusi atau kajian Islami yang menghadirkan para ahli di bidangnya.***

A San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here