Dilantik Jadi Ketua Pertina, Kaonang Diharapkan Bisa Bangkitkan Kejayaan Tinju Kota Tangerang

0
128 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Ketua Pengurus Cabang Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pengcab Pertina) Kota Tangerang masa bakti 2023 – 2027, Kaonang menegaskan cabang olahraga tinju menargetkan juara umum pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Banten yang akan digelar di Kota Tangerang, Juli 2024. Selain itu, Pertina Kota Tangerang juga menargetkan juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten yang akan digelar di Kota Tangerang Selatan tahun 2026.

Penegasan itu dilontarkan Kaonang usai pelantikan Pengcab Pertina Kota Tangerang masa bakti 2023 – 2027 di Ruang Akhlaqul Karimah Gedung Puspem, Jalan Satria Sudirman Kota Tangerang, Sabtu pagi 22 Juli 2023. Pelantikan tersebut dilakukan Ketua Pengurus Provinsi Pertina Banten Verry Yugangga.

Hadir menyaksikan pelantikan tersebut, Ketua Koni Kota Tangerang H Dirman, tokoh tinju nasional Warta Ginting serta para atlet tinju dari sasana binaan Pertina Kota Tangerang.

Ketua Pertina Kota Tangerang ini juga menargetkan atlet-atlet tinju Kota Tangerang bisa menembus prestasi emas di kancah nasional dan internasional. Pada masa bakti 2023 – 2027 ini merupakan periode kedua bagi Kaonang mengemban amanah sebagai Ketua Pengcab Pertina Kota Tangerang. Disebutkannya, pada masa bakti sebelumnya 2019 – 2023, sebagian besar waktu tersita masa pandemi covid’19.

Pada masa bakti tersebut, Agustus 2019 Pertina Kota Tangerang menggelar kejuaraan daerah (kejurda) Banten cabang olahraga tinju di bantaran Sungai Cisadane yang berbarengan dengan Festival Cisadane. Kota Tangerang pada Kejurda Tinju Banten 2019 itu berhasil menjadi juara umum.

“Setelah itu, di tahun 2020 wabah covid’19 melanda negeri ini sampai akhir 2022. Jangan untuk menggelar pertandingan, kita latihan saja dihentikan sementara,” beber Kaonang yang juga menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang.

Ditambahkan Kaonang, pada masa sebelum dirinya memimpin Pertina Kota Tangerang, di Kota Seribu Industri Sejuta Jasa ini hanya ada satu sasana, yakni Sasana Benteng, di Stadion Benteng. Kini, di Kota Tangerang telah terdapat sejumlah sasana, di antaranya Mutiara Naga Pabuaran, Karawaci Eksis yang kemudian bermetamorfosis menjadi Benteng Surya, Subandi Boxing Camp dan Singa Pinang Beres.

“Insyaa Allah, kita menargetkan sampai akhir periode ini di tahun 2027 di Kota Tangerang sudah terdapat 13 sasana. Jadi tiap kecamatan ada sasana tinju sehingg memudahkan para peminat olahraga tinju untuk berlatih. Mereka tidak perlu jauh untuk menempuh ke tempat latihan dari rumahnya. Pertina Kota Tangerang, memberi reward kepada atlet-atlet dengan beasiswa kuliah gratis sampai lulus di Universitas Yatsi Madani,” jelas Kaonang.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kota Tangerang, H Dirman mengatakan amanat yang diemban Kaonang menjadi Ketua Pertina Kota Tangerang di periode kedua ini bentuk kepercayaan dari insan tinju di sasana-sasana Kota Tangerang kepada sosok pemimpin yang gigih untuk memajukan olahraga adu jotos.

“Di periode kedua ini yakni 2023 – 2027 tentunya masyarakat menaruh harapan di pundak para pengurus Pertina Kota Tangerang olahraga tinju di kota ini terus kenunjukkan kenaikan prestasi di tingkat regional, nasional dan internasional,” jelas Ketua Koni Kota Tangerang, H Dirman.

Dikatakannya lebih lanjut, prestasi yang harus dicapai dalam waktu dekat yakni merebut gelar juara umum di arena Popda XI Banten 2024. Selanjutnya di gelanggang Porprov VII Banten 2026. Di dua pesta olahraga Banten tersebut, kejayaan tinju Kota Tangerang harus berkibar.

Tokoh tinju nasional, Warta Ginting mengungkapkan, pada era 80-an, kejayaan olahraga tinju Tangerang merajai di gelanggang nasional. Banyak petinju dari Tangerang yang menjuarai di pertandingan tingkat nasional.

“Kini, di Kota Tangerang tumbuh sejumlah sasana tinju. Berkembangnya sasana tinju ini tentunya diharapkan dapat merebut kembali kejayaan Kota Tangerang di arena tinju nasional. Dengan dilantiknya pak Kaonang di periode kedua ini bisa memunculkan petinju Kota Tangerang mewakili Provinsi Banten berprestasi di arena nasional bahkan mencapai internasional sehingga bendera merah putih dan lagu Indonesia Raya berkumandang di gelanggang internasional,” ungkap Warta Ginting.***

• Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here