Di Kandang Gibran, Ternyata Masyarakat Seputaran Klewer Solo Pilih Anies – Muhaimin

0
16 views
Keterangan foto : Pasar Klewer, Solo, Selasa (2/1/2024)

Bantenkini.com Solo – Ada beberapa orang yang diwawancarai seperti tukang becak, tukang parkir dan pedagang minuman yang beraktivitas di seputaran Pasar Klewer Solo. Ternyata banyak dari mereka yang menyatakan dukungan terhadap pasangan Anies Baswedan – Muhaimin dalam Pilpres, 14 Februari 2024 kelak.

Seperti yang ditemui dilokasi, antara lain Paidi, Paryono, Jumadi, Suyoto, dan Jalidin. Rata-rata Mereke menganggap Anies Baswedan merupakan sosok yang santun dan pintar.

Paidi tukang parkir yang sudah puluhan tahun mangkal di pasar Klewer mengaku pada putaran pertama ia akan memilih Ganjar – Mahfud, akan tetapi pada putaran kedua, jika jagoannya tidak masuk, ia akan memilih pasangan AMIN. “Saya lihat Pak Anies bagus. Orangnya kalem dan tampak taat beragama,” katanya.

Sedangkan untuk pasangan Prabowo-Gibran, ia tak tertarik sama sekali untuk memilih capres paling sepuh tersebut. “Tidak tertarik pada dia (red-Prabowo), sudah tua,” katanya.

Sementara Paryono teman seprofesinya menyatakan dengan tegas akan memilih AMIN. “Dari ketiga calon itu, yang paling sreg untuk saya hanya Anies Baswedan. Orangnya nriman (tidak neko-neko),” kata warga, Telukan Grogol, Sukoharjo tesebut.

Tak kalah heroik adalah Jumadi. Tukang becak di kawasan perbelanjaan pakaian terbesar di Solo itu mantap memilih Anies – Muhaimin. Pasalnya, Anies memiliki pasangan yang pas yakni tokoh Nahdlatul Ulama, Muhaimin Iskandar. “Saya tertarik pada Cak Imin,” kata Jumadi, warga Joyotakan itu.

Suyoto, tukang es teh yang mangkal di depan Masjid Agung Surakarta – satu kawasan dengan pasar Klewer juga terpikat pada pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar. Ketertarikan ini disebabkan oleh seringnya ia menonton televisi dan media sosial serta diskusi dengan teman teman di lingkungan tempat tinggalnya.

Sebagai orang Solo ia merasa tidak ada kewajiban harus memilih jagoan Jokowi, yakni Prabowo – Gibran.

“Saya dulu memilih Pak Jokowi, tetapi sekarang saya akan memilih Anies,” paparnya.

Menurutnya Prabowo sudah terlalu tua dan masih emosional. “Masih sering marah, orangnya,” lanjutnya.

Ada perubahan signifikan dari hasil survei Pilpres 2024. Jika sebelumnya diberitakan pasangan Prabowo -Gibran mencapai angka 50 persen, kini klaim itu terbantahkan dengan adanya hasil survei CSIS (Center for Stratagic Information Studies) akhir Desember 2023.

Survei CSIS dilakukan pada 13-18 Desember 2023. Ada sekitar 1.300 orang responden dengan margin of error +/-2,7 persen.

Prabowo-Gibran: 43,7 persen, Anies-Cak Imin: 26,1 persen, dan Ganjar-Mahfud: 19,4 persen.

Sementara LSI Denny JA merilis hasil survei terbaru pada Jumat, 29 Desember 2023.

Hasilnya Prabowo-Gibran: 43,3 persen, Anies-Cak Imin: 25,3 persen, dan
Ganjar-Mahfud: 22,9 persen. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here