Camat Pinang Semangati Warga Membangun Kampung Sejahtera Mandiri

0
55 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Pasca diterjang banjir dengan ketinggian air mencapai 160 sentimeter, warga RW 06 Pinang Griya Permai Kelurahan Pinang Kecamatan Pinang langsung bergerak melakukan pembenahan atau penataan lingkungan setempat. Di tengah wabah virus korona, mereka secara bergotong royong membenahi lingkungan dan area bercocok tanam serta budidaya ikan yang porak poranda dihempas banjir luapan air Kali Angke.

“Di sini usai kebanjiran warganya tetap guyub dan giat gotong royong. Ikan lele 1500 ekor di kolam bundar hanyut terbawa banjir, kini mau ditabur lagi 800 ekor nilai merah. Di sini pemulihannya cepat. Area bertanam pun kini tampak sudah tertata kembali,” jelas Camat Pinang Kaonang.

Didampingi Lurah Pinang Hidayat dan Ketua RW 06 Pinang Ida Mutia, Camat Pinang Kaonang berdialog dengan warga setempat mengenai Kampung Sejahtera Mandiri (KSM). Dikatakan Kaonang, lingkungan Pinang Griya Permai sudah berada dalam KSM.

“Lingkungan sini juara I lomba ketahanan pangan tingkat kecamatan. Hari ini hadir penyuluh Kota Tangerang di sini untuk menyemangati bapak-ibu untuk terus memperkokoh KSM,” ungkap Camat Pinang Kaonang di hadapan warga setempat di KWT Cempaka Asri RW 06, Kamis pagi 18 Maret 2021.

Pada kesempatan itu warga RW 06 Kelurahan Pinang yang menjadi pegiat Kampung Sejahtera Mandiri (KSM) Cempaka Asri mendapat penyuluhan dan penguatan dari Penyuluh Kota Tangerang Firdaus Kurniawan dalam membangun kampung secara swadaya mandiri.

Kebersamaan gotong royong serta keguyuban sangat kasat mata ditunjukkan para pegiat KSM Cempaka Asri. Selain menunjukkan kepedulian kepada lingkungan, para pegiat KSM Cempaka Asri bersama Ketua RW 06 Kelurahan Pinang, Ida Mutia terus bersemangat menata lingkungan.

“Kami melakukan sosialiasi kepada para pegiat KSM. Struktur organisasi KSM terpisah dari struktur lainnya. Dibuat lagi visi dan misi KSM dan dipampang di sekretariat agar bisa dibaca semua orang karena KSM ini kan milik warga,” jelas Firdaus Kurniawan.

Diungkapkan Firdaus, semangat kemandirian warga RW 06 Kelurahan Pinang sangat kuat. Ini tampak kendati mereka dihempas banjir berkali-kali namun dalam waktu cepat mampu bangkit membangun lingkungan secara swadaya dan mandiri.

“Warga di sini ga menunggu pemerintah untuk recovery. Secara bertahap mereka swadaya bangkit kembali. Ini saya lihat KSM di Pinang cukup bagus, karena mereka sudah teruji,” ungkap Firdaus Kurniawan.***

• Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here