Bersama Camat Pinang, Ketua DPRD Kota Tangerang Ajak Masyarakat Donor Darah

0
107 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Di suasana wabah covid’19 ini donor darah sangat penting. Maka dihimbau kepada masyarakat untuk menggiatkan donor darah guna membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan. Melakukan donor darah dapat menyehatkan tubuh dan membangun kepedulian terhadap sesama.

Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo menegaskan hal itu kepada wartawan saat meninjau pelaksanaan donor darah HUT ke 28 Kota Tangerang yang digelar PMI Kecamatan Pinang, Rabu 27 Januari 2021. Dalam kesempatan itu Gatot Wibowo didampingi Camat Pinang Kaonang, Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansah, Ketua PMI Kecamatan Pinang Mumu Rohimu. Hadir pula Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Tangerang, Andri Permana.

“Tadi kita berdiskusi dengan teman-teman PMI mengenai program donor pl<span;>asma konvalesen yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh. Kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi,” jelas Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo.

Gatot menambahkan, program ini nanti akan dibahas guna menanggulangi wabah covid’19. Sehingga diharapkan wabah virus corona ini segera bisa teratasi. Jadi, sambung Gatot, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari corona.

Camat Pinang Kaonang didampingi Ketua PMI Kecamatan Pinang Mumu Rohimu menjelaskan dalam donor darah kali ini ditargetkan sebanyak 50 kantong darah.

“Secara berkesinambungan, PMI kecamatan Pinang dapat menyelenggarakan bakti sosial donor darah di wilayah Kecamatan Pinang,” jelas Camat Pinang Kaonang.

Ditambahkan Kaonang, dalam donor darah ini target pendonor yakni para pegawai Kecamatan Pinang dan masyarakat. Camat Pinang juga meminta kepada PMI Kecamatan Pinang untuk menggelar donor darah secara berkesinambungan di tiap kelurahan.

“Donor darah ini supaya ketersediaan darah di PMI Kota Tangerang selalu ada, dari kita untuk kita,” ujar Camat Pinang Kaonang.

Dalam suasana mewabah covid’19, Camat Pinang mengingatkan masyarakat untuk senantiasa mentaati protokol kesehatan. Meskipun vaksin sudah ada, kata Kaonang namun protokol kesehatan jangan diabaikan.

Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Jumansah mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PMI Kecamatan Pinang dalam menyambut HUT 28 Kota Tangerang menggelar donor darah. Di masa pandemi covid’19 ini, sambung Oman stok darah di PMI Kota Tangerang terbatas. Maka itu ia mengajak masyarakat untuk melakukan donor darah.

“PMI Kota Tangerang menjemput bola. Jadi bila ada kumpulan masyarakat yang bersedia donor darah maka kami siap datang. Ketersediaan darah masih kurang, kami baru bisa memenuhi hanya 4 persen dari jumlah permintaan darah,” ungkap Oman.

Sementara itu Ketua PMI Kecamatan Pinang, Mumu Rohimu menambahkan sesuai arahan Camat Pinang, pihaknya telah memulai menggelar donor darah di tingkat kelurahan dan berjalan rutin.

“Saat ini yang sudah berjalan di wilayah kelurahan Kunciran. Berikutnya akan kami laksanakan di tiap kelurahan secara bergiliran,” ujar Ketua PMI Kecamatan Pinang, Mumu Rohimu yang akrab disapa Jaro Mumu.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here