Banyak Pabrik Berdiri Tanpa Ijin, DPRD Kota Tangerang Sidak Perumahan Taman Jaya

0
76 views

BANTENKINI.COM, TANGERANG – Sidak DPRD Kota Tangerang ke warga RW 11 Perumahan Taman Jaya, Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, yang disanyalir banyak rumah dialihfungsikan menjadi pabrik, pergudangan dan home industri berskala besar terhendus oleh pengelola pabrik. Rabu (30/12/2020)

Banyak pabrik tutup dan tidak ada pekerja yang standby di lokasi. Bahkan salah satu security perumahan Taman Jaya menyampaikan bahwa pabrik saos tutup tidak beroperasi sejak lama.

“Itu pabrik tutup udah lama pak,” kata security perumahan Taman Jaya

Namun pernyataan tersebut dibantah oleh Suyatno, Ketua RW 11 Perumahan Taman Jaya. Suyatno mengatakan pabrik saos tersebut masih beroperasi.

“Pabrik ini masih beroperasi, tapi mungkin sudah libur,” ujar Suyatno, Ketua RW 11 Perumahan Taman Jaya

Sidak anggota legislatif diwakili Pimpinan DPRD Kota Tangerang, Turidi Susanto dan anggota Komisi 1 DPRD Kota Tangerang dan didampingi Lurah Cipondoh Makmur, serta Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang. Turut didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Cipondoh Makmur.

Suasana sidak DPRD Kota Tangerang yang diiringi dengan turun hujan, tidak mematahkan semangat anggota dewan untuk terjun ke lokasi perumahan Taman Jaya.

Temuan di lokasi, anggota DPRD Kota Tangerang kedapatan 3 (tiga) rumah dijadikan pabrik untuk tempat usaha. Sayangnya, usahanya tersebut tidak memiliki ijin usaha.

“Kami datang ke sini untuk melakukan sidak, saya menanyakan ijin operasional usaha ini,” ujar Turidi Susanto, Wakil Pimpinan DPRD Kota Tangerang

Bukannya mengeluarkan surat ijin usaha, Santi, pemilik rumah justru meradang dan memarahi anggota DPRD Kota Tangerang.

“Bapak siapa? Mana kartu anggotanya? Masuk ke rumah saya tanpa ijin,” ujar Santi, pemilik rumah yang menjalankan usaha daur ulang spareparts mobil

“Oh..ini rumah ya? Kenapa rumah dijadikan tempat usaha. Apakah sudah ada ijinnya?,” balas Turidi

Turidi menyayangkan rumah dialihfungsikan menjadi tempat usaha. Apalagi tidak usaha tersebut tidak memiliki ijin.

Hal tersebut sudah melanggar PP nomor 24 tahun 2018 tentang perijinan bidang usaha dan pasal 8 ayat 1 tentang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Turidi juga memerintahkan kepada Lurah Cipondoh Makmur untuk mendata seluruh jenis usaha yang berada di perumahan Taman Jaya.

Ia juga akan memanggil pihak pengembang perumahan Taman Jaya dalam waktu dekat ini.

“Saya sudah perintahkan ke lurah untuk mendata perusahaan yang ada di Taman Jaya. Dan akan memanggil pihak pengembang,” ujar Turidi Susanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here