17 Grup Kolintang Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77

0
75 views

BANTENKINI.COM, JAKARTA – Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 sekaligus mengkampanyekan Kolintang yang sedang mendaftarkan menjadi warisan tak benda dunia ke UNESCO PBB, Persatuan Insan Kolintang Nusantara atau yang disingkat PINKAN menggelar acara Gebyar Kolintang di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur Jakarta pada hari Minggu, 21 Agustus 2022.

Acara ini dimeriahkan 17 grup kolintang, diantaranya grup kolintang Universitas Pertahanan, grup kolintang St Yosep, Maimo Kolintang, The Sound Xavier, dan menampilkan pemain kolintang dari penyandang difabel.

Penampilan 17 grup kolintang ini dipimpin 17 master atau pelatih kolintang yang membawakan lagu-lagu daerah, nasional hingga lagu populer, seperti kicir-kicir, Indonesia Pusaka, dan juga Bento

Acara ini dihadiri Ketua Umum PINKAN, Ibu Penny Iriana Marsetio, pengurus harian PINKAN, dan musisi kenamaan Dwiki Dharmawan, yang tampil memainkan alat musik Kolintang.

Acara dibuka dengan Tarian Kabasaran dari Minahasa yang dilanjutkan dengan sambutan ketua umum.

Dalam sambutannya, Ibu Penny Iriana Marsetio mengatakan bahwa alat musik kolintang adalah warisan luhur bangsa yang harus kita jaga dan kembangkan, dan saat ini, Kolintang yang berasal dari Minahasa sedang diperjuangan untuk menjadi warisan tak benda dunia.

Untuk itu, ketua umum PINKAN menegaskan bahwa seluruh masyarakat Indonesia harus ikut mendukung kekayaan budaya bangsa, agar dunia tahu bahwa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan nilai budaya, dan dunia pun ikut memiliki Kolintang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here