Warganet dan Milenial Dukung Kebijakan Pemeritah demi Kemajuan Bangsa

0
6 views

Oleh: Ryan Armaditya (Ketua Forum Pegiat Media Sosial Independen Regional Kota Depok)

Media sosial sebagai salah satu media komunikasi dapat membentuk opini publik yang menumbuhkan semangat optimisme terhadap kebijakan pemerintah kedepan. Media sosial pada hakikatnya dapat menciptakan iklim yang mendukung pembangunan nasional agar masyarakat dapat memahami, menerima, dan berpartisipasi dalam pembangunan negeri. Oleh karenanya, diperlukan sinergitas warganet demi mendukung berbagai kebijakan pemerintah demi kepentingan seluruh masyarakat.

Namun, di samping memberikan dampak posistif, masuknya era digitalisasi juga memiliki sisi buruk, yaitu membuat penyebaran hoaks kian masif tersebar. Bagaimana tidak, sekarang ini banyak sekali berita-berita bohong tumbuh subur dan terus-menerus menyebar tanpa ada batasan. Hebatnya lagi, penyebarannya bahkan sampai masuk ke dalam berbagai segi kehidupan.

Selain itu, penyebaran hoaks ini juga dinilai dapat memicu sikap radikalisme masyarakat. Ditambah tanpa adanya kultur literasi, membuat setiap orang bisa saja dengan mudah percaya dan ikut menyebarkan berita yang belum pasti kebenarannya itu. Oleh sebab itu, jika tidak ada kewaspadaan, masyarakat pun akan dengan mudah terpapar fatamorgana hoaks dan propaganda isu provokatif seperti disinformasi, seperti halnya kasus penanganan pandemi Covid-19 dan UU Cipta kerja yang dapat menggangu stabilitas nasional.

Bagaimana upaya kita? Hal paling mudah, yaitu dengan menyaring berita dan ikut berkontribusi membuat postingan positif secara masif di media sosial. Cara itu disinyalir mampu meredam penyebaran hoaks yang terjadi di Indonesia, serta mampu mendorong kemajuan Indonesia.

Membicarakan hoaks termasuk hal yang sangat pelik, pasalnya revolusi digital seperti saat ini justru hoaks lebih mudah dalam penyebarannya. Masyarakat tidak hanya lagi menjadi penikmat konten tetapi juga mampu bertindak menjadi pelaku penyebar informasi. Maka dari itu, diperlukan sinergi warganet, milenial, dan masyarakat luas untuk melawan hoaks dan informasi provokatif yang terjadi di Indonesia demi mewujudkan persatuan bangsa dalam rangka menyukseskan pembangunan nasional menuju Indonesia Maju.

Selain mewujudkan Indonesia Maju, sinergi juga perlu dilakukan dalam mendukung berbagai kebijakan dan program pemerintah. Terlebih Indonesia saat ini sedang dihadapkan oleh beberapa permasalahan seperti pandemi Covid-19 dan perekonomian. Mari kita kawal kekondusifan di lini media sosial dan gotong royong membangun keberhasilan pemerintah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here