Warga Pinang Terima Bantuan Sosial Rp600 Ribu untuk Beli Beras dan Lauk Pauk

0
56 views

“Alhamdulillah, sudah terima bantuan dari pemerintah Rp600 ribu. Uang sebesar ini bagi saya sangat berguna untuk membeli kebutuhan pokok pangan. Saya akan belikan beras dan lauk pauk untuk kebutuhan puasa”

BANTENKINI.COM, TANGERANG – Kalimat itu diucapkan Rakijem (50 tahun) pedagang bubur bayi warga Cakrabuana Kelurahan Kunciran Jaya, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang usai menerima dana bantuan sosial dari Provinsi Banten, Jumat pagi 1 Mei 2020.

Semenjak merebak wabah korona, kata Rakijem usaha bubur yang menjadi penopang hidupnya itu nyaris tak ada pembeli. Sedangkan kebutuhan pokok hidup harus dipenuhi. Ia mengaku bersyukur ada bantuan uang tunai dari pemerintah sehingga bisa membantu ekonomi rumah tangganya.

Kalimat senada diucapkan Sarmat (55 tahun) warga Kunciran Mas Permai RT 04/02 Kelurahan Kunciran Indah. Usai menerima uang bantuan sosial dari Pemeritah Provinsi Banten wajah pria ini tampak berseri. Sambil jalan tertatih-tatih karena stroke ia mengaku uang yang diterimanya untuk membeli kebutuhan pokok pangan.

Sebanyak 2.896 warga Kecamatan Pinang Kota Tangerang, Jumat 1 Mei 2020 menerima bantuan sosial uang tunai dari Pemerintah Provinsi Banten sebesar Rp600 ribu. Dalam tahap ini mereka yang menerima bantuan tersebut adalah warga Kelurahan Kunciran, Kunciran Indah, Kunciran Jaya, Neroktog, Panunggangan Utara, Panunggangan Timur dan Cipete. Para penerima bantuan yakni mereka secara ekonomi yang benar-benar perlu dibantu karena terdampak covid 19.

Camat Pinang Kaonang menjelaskan penyaluran bantuan sosial uang tunai dari Pemprov Banten ini tetap mengikuti protokol kesehatan covid 19. Semua orang harus mengenakan masker dan menjaga jarak fisik. Demikian pula, ketika masuk ke ruang tempat penyaluran setiap orang yang datang dicek suhu badannya serta tangannya dibersihkan menggunakan hand sanitizer.

“Kami tetap mengikuti protokol kesehatan covid 19. Untuk menghindari penumpukan warga yang hendak menerima bantuan, maka di Kelurahan Neroktog yang semula bertempat di SMP PGRI Pinang 2 kemudian ditambah tempat di SD Negeri Pinang 5. Ini agar jarak fisik tetap sesuai protokol kesehatan covid 19,” terang Camat Pinang, Kaonang.

Pada kesempatan penyaluran bantuan sosial uang tunai dari Pemprov Banten bagi warga terdampak covid 19 di wilayah Kecamatan Pinang sejumlah pejabat Kota Tangerang meninjau langsung ke tempat pelaksanaan pembagian. Mereka itu Sekretaris Daerah (Sekda) Herman Suwarman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maftuh Surahman, Kepala Dinas Perpustakaan Arsip Daerah Sayuti, Asisten Administrasi Umum (Asda III) Kiki Wibawa dan Camat Pinang Kaonang.

Sekda Kota Tangerang, Herman Suwarman mengatakan untuk bantuan sosial dari provinsi sebanyak 86 ribu penerima, sementara saat ini yang sudah terverifikasi 10.300 warga. Pelaksanaan verifikasi ini terus berjalan. Pelaksanaan bantuan sosial dari Provinsi Banten di wilayah Kota Tangerang, sambung Herman yang sudah berjalan yakni Kecamatan Batuceper, Kecamatan Cipondoh dan Kecamatan Pinang. Untuk wilayah kecamatan lainnya menyusul. Sementara untuk bantuan dari Kota Tangerang menunggu kuota dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

“Yang dari Kota Tangerang menunggu kuota dari provinsi dan pusat. Sehingga yang tidak ter-cover akan di-cover dari Kota. Yang jelas tidak ada penerima bantuan dobel,” jelas Sekda Kota Tangerang, Herman Suwarman.

Lurah Panunggangan Timur, Afifuddin mengatakan bantuan sosial uang tunai ini sangat bermanfaat bagi warganya yang terdampak covid 19.***

• Ateng San | Ahmad Fadhil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here