Warga Kampung Cacing Pulo Tangerang Ingin Sejahtera Dengan Berdikari

0
46 views

BANTENKINI.COM, TANGERANG – Sudah sejak lama Kota Tangerang Banten diperlihatkan masyarakat bantaran Sungai Cisadane yang menghidupi keluarganya dari hasil mencari cacing sutera. Selain petani cacing di Tanah Gocap Karawaci, tujuh bulan ini hadir pula Kampung Cacing Pulo di Jalan Asrama Damatex Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang memiliki profesi yang sama.

Dari apa yang mereka jalani selama ini, masyarakat Kampung Cacing Pulo punya keinginan besar untuk bisa menjadi petani cacing sutera yang sejahtera.

“Sebelumnya kami tinggal di kampung cacing tanah gocap dan sudah tujuh bulan menjalani aktivitas yang sama disini di kampung cacing pulo, tempat tinggal kami sampai saat ini masih berpindah pindah masih sewa. Keinginannya sih bisa sejahtera dan bisa punya rumah sendiri,” ucap Adi Zakaria salah satu petani cacing.

Pengembangan petani cacing sutera disana kini didampingi Hijrah Afiatudin atau yang akrab dipanggil apip selaku pelaku usaha muda yang sukses dalam hal pertanian. Tidak sedikit saran yang diberikan dalam mengembangkan usaha tani Rabu malam (11/5/2022) pada pertemuan di salah satu pondokan yang baru saja berdiri.

“Disini kita jalan bersama sama untuk menjadi sukses, kita akan kawal proses penjualannya, kalau perlu ada pembudidayaan cacing sutera disini, karena itu untuk memenuhi pesanan kalau cacing dikali sedang tidak ada,” papar Apip.

Hadirnya Dian Sumarwan Sekjen Posraya Indonesia mencoba memberikan langkah-langkah untuk menguatkan proses pengembangan petani cacing.

“Petani cacing sutera disini sudah harus membetuk kelompok tani supaya semua rencana rencana pengembangan usaha berjalan baik, rapih dan kuat. Petani disini harus mandiri, harus berdikari kalau ingin sejahtera, harus ada targetnya. Ada bang apip disini untuk membantu mengawal pengembangannya, semua harus gotong royong kalau petani cacing disini mau besar,” ucap Dian.

Pertemuan malam itu menyepakati untuk secepatnya mengumpulkan warga kampung cacing pulo membentuk kelompok tani dan akan menjalankan usaha dengan proses pemasaran yang lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here