Walikota Tangerang Resmikan Kampuñg IVA di Pinang

0
18 views

BantenKini.com KOTA TANGERANG – Walikota Tangerang Arief R Wismansyah didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Tangerang Aini Suci Wismansyah meresmikan Kampung IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) di RW 03 Kelurahan Panunggangan Kecamatan Pinang, Rabu pagi 11 Maret 2020. Kampung IVA ini merupakan satu-satunya di Kota Tangerang, bahkan Banten.

Walikota Arief R Wismansyah sangat mengapresiasi upaya warga bersama kelurahan Panunggangàn dan Camat Pinang yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap kesehatan terutama bahaya kanker serviks yakni dengan membentuk Kampung IVA.

“Saya punya pengalaman ada saudara kena kanker payudara. Setelah diangkat, ga lama kemudian terkena lanker tiroid. Itu penyebarannya luar biasa,” ungkap Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah dalam sambutan saat meresmikan Kampung IVA.

Lebih lanjut Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, ketika orang dipusingkan terhadap korona, di Kecamatan Pinang warganya membentuk Kampung IVA. Korona berbahaya, kanker juga sangat bahaya, sama halnya dengan demam berdarah.

“Saya terima kasih ada pembentukan Kampung IVA ini yang telah memulai kampung PHBS. Kampung IVA ketika sudah terbangun nanti, akan menjadi warisan kepada anak cucu kita. Maka penting bagi masyarakat Kota Tangerang untuk peduli terhadap kesehatan,” papar Walikota Tangegerang, Arief R Wismañsyah.

Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah menjelaskan kanker menjadi pembunuh kedua di Indonesia. Pemeriksaan IVA test pagi kaum ibu usia subur menjadi sangat penting untuk pendeteksian dini terhadap bahaya penyakit kanker serviks.

“Adanya lomba IVA test sangat bagus. Warga sudah menyadari ini adalah kebutuhan untuk mengetahui kesehatan. Kami sangat senang wilayah Kecamatan Pinang menjadi titik pemeriksaan IVA,” bebèr Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah usai menyematkan selendang kepada Dùta IVA dari salah satu kader.

Ditambahkan Aini, tugas duta dan para kader IVA bukan hanya mengajak masyarakat untuk memeriksakan diri tapi juga sebagai pendamping bagi mereka yang positif ada gejala maupun terkena kanker serviks. Aini Suci meminta kepada para duta dan kader IVA agar terus mensosialisasikan kepada masyarakat.

Camat Pinang, Kaonang dàlam sambutannya mengatakan Kampung IVA ini menjadi model pertama di Banten. Ke depannya semua pasangan usia subur Kecamatan Pinang di-IVA test agar tidak terjadi kanker mulut rahim. Kaonang mengungkapkan, ke depannya Kampung IVA di RW 03 Kelurahan Panunggangan ini juga akan menjadi Kampung IVA Santri Getol.

“Ke depan kampung ini menjadi pilot project agar seluruh warga Kecamatan Pinang terbebas dari kanker. Setelah peresmian Kampung IVA ini, Jumat 13 Maret 2020 di Kecamatan Pinang ada Gebyar IVA Test. Dalam gebyar ini akan dilakukan IVA test terhadap 1.122 wanita pasangan usia subur. Ďi Kampung IVA ini ada 297 wanita pasangan usia subur yang akan melakukan IVA test,” terang Camat Pinang, Kaonang.

Dalam keaempatan itu Kaonang menyampaikan terima kasih kepada Ketua TP PKK Kota Tangerang Aini Suci Wismansyah yang terus memberikan semangat kepada para kader di Kecamatan Pinang serta seluruh warga yang telah mencurahkan tenaga untuk kemajuan wilayah Kecamatan Pinang.***

Ateng San | Ahmad Fadhil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here