Wakil Wali Kota Tangerang: Pemerintah Lakukan Percepatan Penyelesaian Turap Kali Angke

0
61 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk melakukan percepatan penyelesaian turap-turap di Kali Angke yang belum selesai untuk mengatasi persoalan banjir di Kota Tangerang. Di Kota Tangerang, di antara daerah yang sering terkena banjir yakni wilayah yang berdekatan dengan Kali Angke.

Demikian ditegaskan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat melakukan peninjauan tanggul Kali Angke di Kelurahan Neroktog Kecamatan Pinang, Senin pagi 1 Maret 2021.

Pada kesempatan itu wakil wali kota didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Suli Rosadi, Camat Pinang Kaonang, Lurah Neroktog Nurhasan dan Ketua RW 02 Neroktog Syafe’i. Wakil wali kota memberi bantuan permakanan untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), balita di bawah garis merah (BGM) dan meninjau tempat tinggal warga yang akan dilakukan bedah rumah.

Sachrudin mengatakan Pemkot Tangerang melalui Dinas Sosial Kota Tangerang hari ini membagikan sebanyak 300 paket bantuan permakanan kepada dhuafa, ODGJ dan balita BGM.

Sementara mengenai tanggul Kali Angke yang jebol ketika terjadi banjir 20 Februari lalu, Sachrudin menjelaskan setelah dirinya melakukan inspeksi ke lokasi, ada turap jebol dan ada pula yang renggang sehingga bila debit air sungai itu meninggi menimbulkan kebocoran mengakibatkan banjir di permukiman warga Kelurahan Neroktog.

“Ada sekitar panjang 20 meter yang belum diturap menggunakan beton. Tadi kita cek. Nanti kita koordinasikan dengan Dinas PUPR dan pemerintah pusat untuk melakukan perbaikan dan pemasangan turap,” jelas Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin didampingi Kepala Dinas Sosil Suli Rosadi, Camat Pinang Kaonang dan Lurah Neroktog Nurhasan.

Dikatakan lebih lanjut oleh Sachrudin, rencananya bantaran Kali Angke rencananya akan digunakan jalan inspeksi namun bisa juga untuk jogging track. Pengerjaan ini masih terhenti, nanti akan ditindaklanjuti. Dijelaskan Sachrudin, di antara daerah yang sering terkena banjir yakni wilayah yang berdekatan dengan Kali Angke.

Sebelumnya, Rabu 24 Februari 2021 Camat Pinang Kaonang bersama Lurah Neroktog Nurhasan meninjau dua tanggul kali tersebut yang jebol. Akibat dari jebol tanggul Kali Angke yang berada di lingkungan RW 01 dan 02 Kelurahan Neroktog Kecamatan Pinang Kota Tangerang, sebagian lingkungan di dua RW tersebut terendam banjir luapan Kali Angke pada 20 – 21 Februari 2021.

“Dua tanggul itu jebol diterjang luapan air Kali Angke ketika banjir pekan kemarin,” jelas Camat Pinang Kaonang didampingi Lurah Neroktog Nurhasan saat meninjau lokasi kedua tanggul yang dijebol itu.

Mengantisipasi cuaca ekstrim dan intensitas curah hujan tinggi, kata Kaonang, pihaknya langsung melaporkan jebolnya dua tanggul itu kepada Dinas PUPR Kota Tangerang meminta segera ditanggulangi. Dikatakan Camat Pinang, Pemerintah Kota Tangerang berupaya maksimal untuk meminimalisir banjir dan genangan.

“Kami melaporkan kepada pimpinan dan dinas terkait memohon untuk segera ditangani jebolnya dua tangggul itu. Sebab bila air Kali Angke limpas maka dampaknya merepotkan semua,” ungkap Camat Pinang Kaonang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here