Wakil Wali Kota Tangerang Luncurkan Little Free Library Kecamatan Pinang

0
50 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Camat Pinang Kaonang menggulirkan program Little Free Library, perpustakaan umum mini di ruang terbuka. Peluncuran program tersebut dilakukan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin di Kampung Anggrek RW 01 Kelurahan Sudimara Pinang Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Selasa pagi 30 Maret 2021.

Hadir dalam peluncuran little free library perdana di wilayah Banten itu Camat Pinang Kaonang, Sekretaris Kecamatan Pinang Tihadi A, Lurah Sudimara Pinang Ade Fahmi, Kasi Kemas Kecamatan Pinang Henry Putra, Kasi Tapem Kecamatan Pinang Saipul Huda, Ketua RW 01 Sudimara Pinang Eko Wahyu Satrio, Ketua PKK RW 01 Sudimara Pinang Lietha Izati, para kader PKK serta pengurus RT lingkungan RW 01 Sudimara Pinang.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengapresiasi gagasan Camat Pinang Kaonang membuat program little free library serta semua pihak yang mendukung terwujudnya program ini. Dikatakan Wakil Wali Kota Tangerang, little free library ini banyak manfaatnya untuk lingkungan sekitar dalam rangka mengedukasi anak-anak, terutama budaya membaca terus tumbuh dan berkembang dengan fasilitas yang tersedia.

“Semoga ini menjadi percontohan dan memotivasi masyarakat yang lainnya. Saya juga berharap ada inovasi-inovasi untuk mendorong semangat membaca bagi anak-anak kita. Mereka ini asset kita, calon para pemimpin di masa depan yang perlu dikader terus sehingga kaderisasi bisa berjalan,” jelas Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin.

Sachrudin menambahkan, untuk kelengkapan koleksi buku little free library di Kampung Anggrek RW 01 Sudimara Pinang, Perpustakaan Pemkot Tangerang akan membantu menyiapkannya. Sachrudin juga mengajak kepada masyarakat mendonasikan buku bacaan kepada little free library.

“Kita juga memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi, mengajak masyarakat membangun kebersamaan, karena pemerintah semuanya untuk masyarakat,” terang Sachrudin.

Càmat Pinang Kaonang menjelaskan, little free library yang diluncurkan Wakil Wali Kota Tangerang itu lanjutan dari program sedekah buku. Little free library sudah membudaya di Amerika Serikat dan kini diadopsi di wilayah Kecamatan Pinang Kota Tangerang.

“Ini perdana di Provinsi Banten. Little free library ini akan kita kembangkan di tiap kelurahan dan bisa ke tingkat RW. Little free library ini sangat cocok di masa pandemi, anak-anak dapat membaca buku perpustakaan tidak harus bergerombol. Buku-buku yang tersedia itu bisa dipinjam dan dibaca di rumah serta tidak perlu dicatat. Ini proses pendewasaan meminjam buku dan dilatih bertanggungjawab. Kami terus berinovasi memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat Kecamatan Pinang,” beber Camat Pinang Kaonang.

Lurah Sudimara Pinang, Ade Fahmi mengatakan atas nama warga Sudimara Pinang pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Camat Pinang yang menggagas little free library. Kampung Anggrek RW 01 Sudimara Pinang sebelumnya telah berhasil meraih juara kedua pojok baca tingkat Kota Tangerang.

“Ditambah lagi dengan little free library ini akan semakin meningkatkan minat baca warga utamanya anak-anak. Dampak dari penggunaan gadget bagi anak-anak luar biasa, hal ini harus kita antisipasi dengan kegiatan membaca. Dengan adanya perpustakaan mini little free library diharapkan bisa mengisi waktu anak-anak di kala tidak melakukan kegiatan sekolah tatap muka,” beber Lurah Sudimara Pinang, Ade Fahmi.

Sementara itu Ketua RW 01 Sudimara Pinang, Eko Wahyu Satrio mengatakan little free library yang diluncurkan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin sangat bermanfaat bagi warga Kampung Anggrek.

“Khususnya bagi anak-anak kami di Kampung Anggrek RW 01 Sudimara Pinang, sebagai generasi penerus bangsa yang berakhlaqul karimah sesuai dengan tuntunan agama dan harapan kedua oràng tua menjadi orang yang berbakti bagi nusa dan bangsa,” tegas Ketua RW 01 Sudimara Pinang, Eko Wahyu Satrio.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here