Wajah Ceria dan Gembira Sambut Kemeriahan Panjat Pinang di RW 05 Poris Plawad

0
54 views
peserta panjat pinang merayakan kemenangan karena telah menaklukan tiang panjat pinang.

BANTENKINI.COM, TANGERANG – Kemeriahan HUT RI ke-74 di RW 05 Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang belum berakhir. Setelah mengadakan aneka perlombaan tradisional pada tanggal 17 Agustus 2019, kini hiburan panjat pinang kembali digelar dengan antusias dan riang gembira oleh warga RT 01 dan RT 02/RW 05. Minggu (18/8/2019)

Tiang panjat pinang yang diolesi oli mesin dan di ujung atasnya terdapat aneka hadiah yang menarik, serta bendera merah putih berkibar di atas tiang panjat pinang, menambah semangat peserta panjang pinang untuk bekerja secara kolektif, mengeluarkan strategi untuk sampai di atas tiang panjat pinang.

Suara gemuruh dan pekikan sorak sorai yang terdengar dari teriakan suara penonton, menambah energy baru bagi peserta panjat pinang yang mayoritas dari pemuda dan remaja Poris Plawad.

“Ayo semangat!. Panjat terus, jangan kasih kendor,” ucap penonton

Peserta panjat pinang dibentuk 8 grup, dan setiap grupnya terdiri dari 4 orang peserta. Peraturan panjat pinang diberikan waktu 4 menit untuk memanjatnya, dan bila telah mencapai puncak tiang panjat pinang, peserta hanya dibolehkan mengambil 10 hadiah yang tergantung di ujung tiang panjat pinang. Selain itu, tiang panjat pinang selalu ditambahkan olesan oli bila oli tersebut terlihat sudah habis.

Kemeriahan semakin bertambah tatkala peserta panjat pinang sudah berada di ujung tiang panjat pinang. Tepuk tangan dan teriakan dari segala penjuru, bergema menghidupkan suasana pesta rakyat panjat pinang.

Menariknya, di sela-sela panjat pinang, Ketua RW 05 (Ahmad Fadhilah), Ketua RT 01 (Nawawi ) dan Ketua DKM Musholla Al-Makmur (Nurjaya), secara bergantian menarik tali yang terhubung bola plastik di ujung tiang panjat pinang. Dari sana, selebaran uang kertas dan taburan terigu berjatuhan ke pononton. Sontak saja, penonton panjat pinang yang terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak ini, langsung bergemuruh dan berebut uang kertas yang berjatuhan dari ujung tiang panjat pinang.

“Hore dapet dua ribu, dapet juga lima ribu,” ucap Mpo Tini, penonton Panjat Pinang

Beberapa grup peserta sudah berhasil menduduki ujung tiang panjat pinang. Bendera Merah Putih pun sudah digenggaman peserta panjat pinang. Al hasil, teriakan kata ‘Merdeka’ dan ‘Indonesia Jaya’ menggema saling bersautan di tengah-tengah masyarakat. Wajah para peserta panjat pinang terlihat ceria dan gembira menyambut bendera merah putih sudah diraihnya.

Usai menaklukan tiang panjat pinang, para peserta berlarian keliling kampung merayakan kemenangan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

“Merdeka! Merdeka! Merdeka!,” ucap Iskandar, biasa disapa dengan nama Kotok oleh teman-temannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here