Wabah Virus Corona di Kabupaten Tangerang Bertambah, 4 Orang Positif Corona

0
9 views

BANTENKINI.COM, TANGERANG – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan sudah ada 4 warga Kabupaten Tangerang yang positif Corona atau COVID-19.

“Empat warga positif Corona dan jumlah ODP serta PDP terus bertambah,” ujar Zaki, Jum’at (20/3/2020).

Zaki mengakui jumlah positif Corona, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah dalam beberapa hari terakhir ini.

Meski tidak merinci data pasien positif Corona, Zaki mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tangerang terus melakukan upaya pencegahan penularan wabah ini dengan memberlakukan libur sekolah selama dua pekan, menerapkan sosial dinstancing, menyemprot gedung pemerintahan dan ruang publik dengan disinfektan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang per Jum’at 20 Maret 2020, terkait angka potensi dugaan Corona, jumlah ODP 56 orang dan PDP 9 orang.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi, merinci sebaran ODP dan PDP di Kabupaten Tangerang.

Sebaran ODP dan PDP Corona saat ini telah menyebar di belasan dari 29 kecamatan yang ada. Yakni: Kelapa Dua (11 orang), Pagedangan (8 orang), Cisauk (6 orang), Binong (5 orang), Kosambi (5 orang), Cikupa (5 orang), Curug (4 orang), Kronjo (2 orang), Sindang Jaya (2 orang), Tekuknaga (2 orang), Pakuhaji (2 orang) dan Rajeg, Tigaraksa, Legok, Sukadiri, Sepatan masing masing 1 orang.

Dari sebaran ODP dan PDP saat ini, kata Hendra, jumlah yang mengalami peningkatan adalah wilayah perkotaan dan padat pemukiman seperti Kelapa Dua, Pagedangan dan Cisauk. Di tiga kecamatan ini padat pemukiman yang dihuni kawasan BSD, Summarecon Serpong, Paramount Serpong dan pengembang besar lainnya. Kawasan ini juga ramai oleh pusat bisnis dan banyak Universitas dan Sekolah.

Untuk itu, kata Hendra, pencegahan dan penanggulangan wabah Corona ini menjadi tanggung jawab bersama. Masyarakat, kata dia, harus mematuhi imbauan pemerintah seperti berdiam diri di rumah selama 14 hari, menghindari keramaian, melakukan sosial distance, rajin cuci tangan, tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola makan dan hidup yang sehat serta olahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here